PENINGKATAN AKSES REMAJA PADA LAYANAN PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PENERAPAN APLIKASI LAYANAN KEPERAWATAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (LAWAN ROMA) DI SMP N 2 BAWEN KABUPATEN SEMARANG

  • Dian Indriyani Program Studi S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran
  • Raharjo Apriyatmoko Program Studi S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran
  • Tina Mawardika Program Studi S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran
Keywords: Akses Remaja, Aplikasi Lawan Roma, Kesehatan Reproduksi Remaja

Abstract

Akses remaja pada layanan kesehatan reproduksi belum optimal. Salah satu inovasi untuk meningkatkan akses remaja pada layanan kesehatan reproduksi adalah dengan penerapan aplikasi Lawan Roma. aplikasi ini berbasis Android/ IOS yang digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan reproduksi remaja berupa e-conseling, pendidikan kesehatan reproduksi, dan media pemberi informasi dari pelayanan kesehatan reproduksi dengan konsep KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi). Untuk mengetahui adanya peningkatan akses remaja pada layanan program kesehatan reproduksi dengan penerapan aplikasi Lawan Roma. Jenis desain dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest without control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMP N 2 Bawen, Kabupaten Semarang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 19 responden. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar self report dan database di aplikasi Lawan Roma. Analisa data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan aplikasi Lawan Roma nilai median 0, standar deviasi 0,375, dan nilai max sebesar 1, sedangkan setelah penerapan aplikasi Lawan Roma nilai median 7, standar deviasi 2,65, dan nilai max 14. Sehingga adanya peningkatan akses remaja pada layanan program kesehatan reproduksi dengan penerapan aplikasi Lawan Roma. Hendaknya remaja dapat memanfaatkan aplikasi Lawan Roma untuk mengakses informasi dan layanan program kesehatan reproduksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ari Pristiana Dewi, Herlina, dan Hendra Taufik. (2015). Efek Penerapan Peer Konselor Berbasis KERIS-Net terhadap Perubahan Perilaku Seksual. Jurnal Keperawatan Soedirman 10 (3).

Central Statistical Agency [Ethiopia] and ICF International. (2012). Ethiopia Demographic and Health Survey 2011. Addis Ababa, Ethiopia and Calverton, Maryland, USA: Central Statistical Agency and ICF International.

Darmadi. (2018). Remaja dan Seks. Lampung: Guepedia.com.

Kementerian kesehatan RI. (2010). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010. Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan kesehatan, Kemenkes RI.

Kartika, Ratna Pertiwi. (2010). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Permasalahannya. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Marmi. (2015). Kesehatan Reproduksi. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mirawati, Ira. (2015). Media Konsultasi Online Sebagai Alternatifupaya Penanganan Masalah Remaja. EduLib 5 (1).

Mubasyaroh. (2016). Analisis Faktor Penyeba Pernikahan Dini dan Dampaknya bagi Pelakunya. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosial Keagamaan 7 (2).

Prita Devy Igiany, Toto Sudargo, dan Rendra Widyatama. (2016). Efektivitas penggunaan video dan buku bergambar dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan ibu mencuci tangan memakai sabun. BKM Journal of Community Medicine and Public Health 32 (3): 89-94.

Rodrick, Juraman Stefanus. (2014). Pemanfaatan Smartphone Android Oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Dalam Mengakses Informasi Edukatif. Journal Fispol Unsrat 3 (1)

Setiawan, Deni. (2016). Romlah Prihatin Ada 216 Pernikahan Dini di Kabupaten Semarang. , http://jateng.tribunnews.com/2016/01/08/romlah-prihatin-ada-216-pernikahan-dini-di-kabupaten-semarang. [17 Oktober 2018].

Yulius, Yogef. (2016). Peranan Desain Komunikasi Visual sebagai Pendukung Media Promosi Kesehatan. Jurnal Seni Desain dan Budaya 1 (2).

Zakiyatul Ulya, Asep Iskandar, Dan Fajar Tri Asih. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Poster Terhadap Pengetahuan Manajemen Hipertensi Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Keperawatan Soedirman 12 (1).

Ida Susilaksmi, Zahroh Shaluhiyah, dan Antono Suryoputro. (2011). Kebutuhan dan Pemanfaatan Layanan Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia 6 (1)

Wulandari, Sri. (2015). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Pencegahan Penyakit Menular Seksual (PMS) Dan HIV/AIDS Dengan Pemanfaatan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR) Pada Remaja SMKN Tandun Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Maternity and Neonatal 2

Published
2019-09-03
How to Cite
Indriyani, D., Apriyatmoko, R., & Mawardika, T. (2019). PENINGKATAN AKSES REMAJA PADA LAYANAN PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PENERAPAN APLIKASI LAYANAN KEPERAWATAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (LAWAN ROMA) DI SMP N 2 BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Journal of Holistics and Health Science, 1(1), 89 - 98. https://doi.org/10.35473/jhhs.v1i1.15