Perbedaan Pengetahuan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Program Aku Bangga Aku Tahu (Abat) Tentang Hiv Dan Aids Pada Siswa Kelas X Dan Xi Di SMK Tunas Pariwisata Ungaran

Difference in knowledge before and after giving program counseling I am proud to know (Abat) about HIV and AIDS in class X and Xi students At SMK Tunas Pariwisata Ungaran

Authors

  • Nurliyana Universitas Ngudi Waluyo
  • Ida Sofiyanti Universitas Ngudi Waluyo
  • Rini Susanti Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jhhs.v2i1.54

Keywords:

Penyuluhan Program Aku Bangga Aku Tahu (ABAT), Pengetahuan, HIV Dan AIDS, Siswa Kelas X Dan XI

Abstract

AIDS in Indonesia ocwpies third in the list of ten deadly diseases, right under heart disease and cancer. Prevention is more emphasized in the age group 15-19 years. The "I Am Proud Of I Know" program is an effort to control HIV and AIDS by using IEC media. To find out the difference in knowledge before and after the counseling I Am Proud Of I Know (ABAT) program about HIV and AIDS in students of class X and XI at SMK Tunas Pariwisata Ungaran. The design of this study was a pre-experiment using the one group pre- post test design approach. The population in this study were students of class X and XI at the Tunas Pariwisata Ungaran Vocational School, amounting to 71 students. The sampling technique, namely total sampling (saturated sampling). Data collection is done by distributing questionnaires about students' knowledge of HIV and AIDS. Normality test using Kolmogorov-Smirnov and different tests using Paired T-test. The results of the calculation before being given counseling on average respondents' knowledge of 10,62 then increased to 13,31 after being given counseling. In bivariate analysis (p-value 0,000), it indicated that there were differences before and after counseling. There are differences in students' knowledge before and after the counseling program I Am Proud Of I Know (ABAT) about HIV and AIDS in students of class X and XI at Vocational High School in Tourism Ungaran. It is recommended that the school can run the program I am Proud of I Know, where the program can provide knowledge to students at the Ungaran Tunas Pariwisata Vocational School about comprehensive HIV / AIDS.

ABSTRAK

Penyakit AIDS di Indonesia menempati urutan ketiga dari daftar sepuluh penyakit mematikan, tepat dibawah penyakit jantung dan kanker. Pencegahan lebih ditekankan pada kelompok usia 15 – 19 tahun. Program “Aku Bangga Aku Tahu” adalah salah satu upaya pengendalian HIV dan AIDS dengan menggunakan media KIE. Untuk mengetahui perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan program Aku Bangga Aku Tahu (ABAT) tentang HIV dan AIDS pada siswa kelas X dan XI di SMK Tunas Pariwisata Ungaran. Desain penelitian ini adalah pre experiment menggunakan pendekatan one group pre-post test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMK Tunas Pariwisata Ungaran yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling (sampling jenuh). Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner tentang pengetahuan siswa terhadap HIV dan AIDS. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji beda menggunakan Paired T-test. Hasil perhitungan sebelum diberikan penyuluhan rata-rata pengetahuan responden sebesar 10,62 kemudian meningkat menjadi 13,31 setelah diberikan penyuluhan. Pada analisis bivariat (p-value 0,000), menunjukkan bahwa adanya perbedaan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Terdapat perbedaan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan program aku bangga aku tahu (ABAT) tentang HIV dan AIDS pada siswa kelas X dan XI di SMK Tunas Pariwisata Ungaran. Disarankan pihak sekolah dapat menjalankan program Aku Bangga Aku Tahu, dimana program tersebut dapat memberikan pengetahuan pada siswa-siswi di SMK Tunas Pariwisata Ungaran tentang HIV/AIDS yang komprehensif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asfar Akbar dan Asnaniar. 2018. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Penyakit HIV/AIDS di SMP Baznas Provinsi Sulawesi Selatan. Journal Of Islamic Nursing : Volume 3 Nomor 1, Juli 2018.

Bamise dan Adedigba. 2011. Knowledge Of HIV/AIDS Among Secondary School Adolescents In Osun State, Nigeria. Downloaded free from
http://www.njcponline.com on Monday, July 15, 2019, IP: 114.142.168.32. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 2017. Profil Kesehatan Provinsi JawaTengah Tahun 2017. Semarang: Dinkes Jateng.

Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang. 2017. Profil Kesehatan Kabupaten Semarang Tahun 2017. Kabupaten Semarang: Dinkes Kabupaten Semarang. Kementerian Kesehatan RI. 2012. Buku Petunjuk Penggunaan Media KIE Versi Pelajar Aku Bangga Aku Tahu (ABAT). Jakarta: Pusat Promosi Kemenkes
RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2017. Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. Survei Demografi Dan Kesehatan Indonesia (SDKI) Kesehatan Reproduksi Remaja 2017. Jakarta : Kemenkes RI.

Kokcu Alper, Sayligil. 2016. An Intervention Study To Assess Knowledge And Attitude About Reproductive Health Among Turkish Armed Forces. Article in Journal of the Pakistan Medical Association December 2016.
Nita Evianasari dan Anggraini. 2017. Pengaruh Media KIE “Aku Bangga Aku Tahu” Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang HIV & AIDS Di SMA “P” Bandar Lampung Tahun 2017. Jurnal Kebidanan : Vol 3, No 3, Juli 2017 : 141-148.

Notoatmodjo, S. 2012. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2013. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

KPA Kabupaten Semarang. 2017. Statistik Kasus HIV/AIDS Kabupaten Semarang Tahun 2017. Ungaran.

Nugroho dan Setiawan. 2010. Kesehatan Wanita, Gender & Permasalahannya.
Yogyakarta : Nuha Medika.

Nursalam. 2013. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Yang Terinfeksi HIV/AIDS.
Jakarta: Salemba Medika.

Sarwono, SW. 2016. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak Dan Permasalahannya Dalam Buku
Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto.

UNAIDS, AIDS. 2018. Global Aids Response Progress Reporting 2018: Guidelines Construction Of Core Indicators For Monitoring The 2018 Political Declaration On HIV/AIDS. Geneva.

Yari Fatemeh, dkk. 2016. An Evaluation Of The Effectiveness Of A Reproductive Health Education Program For Nonmedical Students In Iran: A Quasi- Experimental Pre-Test, Post-Test Research. Research Article : Published online 2016 February 2016.

Downloads

Published

2021-02-05

How to Cite

Nurliyana, Sofiyanti, I., & Rini Susanti. (2021). Perbedaan Pengetahuan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Program Aku Bangga Aku Tahu (Abat) Tentang Hiv Dan Aids Pada Siswa Kelas X Dan Xi Di SMK Tunas Pariwisata Ungaran: Difference in knowledge before and after giving program counseling I am proud to know (Abat) about HIV and AIDS in class X and Xi students At SMK Tunas Pariwisata Ungaran. Journal of Holistics and Health Sciences (JHHS), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.35473/jhhs.v2i1.54

Most read articles by the same author(s)