Membiasakan Diri Menyikat Gigi Sebagai Tindakan Utama Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak

Familiarize Yourself With Brushing Teeth As The Main Action In Efforts To Improve HealthTeeth And Mouth In Children

  • Heny Noor Wijayanti Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati, Yogyakarta
  • Puspito Panggih Rahayu Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati, Yogyakarta
Keywords: Gigi dan Mulut, Anak Balita

Abstract

Masalah kesehatan mulut dapat mempengaruhi perkembangan umum anak-anak, kesehatan tubuh secara umum dan juga dapat berdampak negatif pada kualitas hidup. Salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang terjadi pada anak adalah karies gigi. Berdasarkan survei yang dilakukan pada anak-anak usia sekolah, sekitar 55% anak-anak prasekolah dan sekolah tidak menyikat gigi setelah makan. Banyak anak prasekolah dan sekolah tidak menyikat gigi dengan benar . Anak-anak prasekolah dan anak-anak sekolah juga suka makan permen. Tujuan melakukan pengabdian masyarakat ini adalah membiasakan diri menyikat gigi sebagai tindakan utama dalam upaya awal untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Metode yang digunakan adalah melalui penyuluhan dan demonstrasi cara menyikat gigi dengan baik dan benar. Sehingga setelah kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk menghindari karies gigi dan menjaga status kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Harun. (2010). Karies dan Perawatan Pulpa Pada anak Secara Komprehensif. Makassar: Bimer.

Alim Sabri & Fatimah.(2014). Pola Makan dan Kebiasaan Menggosok Gigi Dengan Timbulnya Karies Gigi Pada Anak. Journal of Pediatric Nursing,1(3), 131-136.

Annerosa B, Maik W, Sussane K. (2010).Early Childhood Caries: A Multi-Factoral Disease. OHDMBSC;9(1):p. 32-8.

Erwana Ferry Agam. (2013). Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Ghofur, Abdul. (2012). Buku Pintar Kesehatan Gigi dan Mulut.Yogyakarta : Mitra Buku

Hastuti S, Andriyani A. (2010). Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi Pada Anak Di SD Negeri 2 Sambi Kecamatan Samba Kabupaten boyolali. GASTER Vol; 7(2).p: 625.

Hongini Yundali Siti, &Aditiawarman,S.H., Hum. (2012). Kesehatan Gigi dan Mulut; Buku Lanjutan Dental Terminology. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Irma Z Indah, & Intan Ayu,S. (2013). Penyakit Gigi, Mulut dan THT. Yogyakarta: Nuha Medika.

Notoatmodjo, S. (2007).Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Rineka Cipta, Jakarta.

Sariningsih, E. (2012). Merawat Gigi Anak Sejak Usia Dini. Kompas Gramedia. Jakarta.

Tamrin Masriadi, Afrida, & Jamaluddin Maryam. (2014). Dampak Konsumsi Makanan Kariogenik dan Kebiasaan Menyikat Gigi Terhadap Kejadian Karies Gigi Pada Anak Sekolah. Journal Of Pediatric Nursing, 1(1), 014-018.

Tarigan Rasinta. (2013). Karies Gigi, Edisi 2. Jakarta: EGC.

Published
2018-08-03
How to Cite
Wijayanti, H. N., & Rahayu, P. P. (2018). Membiasakan Diri Menyikat Gigi Sebagai Tindakan Utama Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia (Indonesian Journal of Independent Community Empowerment), 1(1), 7 - 12. https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i1.19