IbM Hidup Sehat Dan Cantik Tanpa Narkoba Dan Kosmetika Berbahaya Di Desa Nyatnyono Ungaran

IbM Healthily And Beautifully Without Drugs And Dangerous Cosmetics In Nyatnyono Village, Ungaran

  • Rissa Laila Vifta Universitas Ngudi Waluyo
  • Richa Yuswantina Universitas Ngudi Waluyo
  • Istianatus Sunnah Universitas Ngudi Waluyo
Keywords: Kosmetik, Narkoba, Remaja, Wanita

Abstract

Penggunaan narkoba, dewasa ini telah meluas sampai pada kalangan keluarga. Hal ini disebabkan oleh adanya distribusi narkoba pada kalangan ibu rumah tangga, siswa sekolah baik dari SD maupun mahasiswa Perguruan Tinggi.. Parameter kecantikan sampai saat ini, dinilai dari kulit wajah yang putih, halus dan mulus. Beberapa kaum wanita menggunakan produk kosmetika untuk menunjang penampilannya. Kosmetika yang sering kali digunakan antara lain :  krim antiaging, bleaching (pemutih wajah), hand body, krim tabir surya. Produk - produk kecantikan yang digunakan tersebut sering kali diperoleh dari distributor yang tidak resmi. Beberapa produk kosmetik yang ditawarkan kadang tidak memiliki izin edar dari BPOM. Akibat yang sering kali ditimbulkan oleh pemakaian kosmetika yang tidak terdaftar, antara lain dapat memberikan efek yang cepat (dalam hitungan hari) tetapi efek jangka lama menyebabkan terjadinya iritasi, kehitaman pada kulit maupun kanker kulit. Edukasi perlu diberikan kepada para bu rumah tangga, remaja putri maupun anggota karang taruna guna peningkatan pengetahuan tentang narkoba maupun kosmetika berbahaya sehingga dapat mengurangi ancaman penggunaan narkoba dan resiko kanker kulit akibat kosmetika berbahaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, M.P., Humaedi, S. and Santoso, M.B., 2017. Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja (Adolescent Substance Abuse). Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).

Damanik, B.T., Etnawati, K. and Padmawati, R.S., 2011. Persepsi remaja putri di Kota Ambon tentang risiko terpapar kosmetik berbahaya dan perilakunya dalam memilih dan menggunakan kosmetik. Berita Kedokteran Masyarakat, 27(1), p.1.

Noor, M., 2011. Pemberdayaan masyarakat. CIVIS, 1(2/Juli).

Pravitasari, D.N., 2012. Efek Samping Kosmetik Dan Penangananya. Saintika Medika, 6(2).

Priambada, B.S., 2013, December. Penanggulangan Penyebaran Narkoba di Kalangan Anak. In Proseding Seminar UNSA, (Vol. 1, No. 1).

Published
2018-08-03
How to Cite
Laila Vifta, R., Yuswantina, R., & Sunnah, I. (2018). IbM Hidup Sehat Dan Cantik Tanpa Narkoba Dan Kosmetika Berbahaya Di Desa Nyatnyono Ungaran. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia (Indonesian Journal of Independent Community Empowerment), 1(1), 40 - 44. https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i1.23