IBM DESA CANDIREJO “UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN BAYI DENGAN PIJAT BAYI

  • Kartika Sari Program Studi Kebidanan, Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran
  • Rini Susanti Program Studi Kebidanan, Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran
  • Riska Septianingrum Program Studi Kebidanan, Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran
  • Nur Anisah Mei Program Studi Kebidanan, Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran
  • Ajeng Dian Program Studi Kebidanan, Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran
Keywords: Pijat Bayi

Abstract

Pijat bayi adalah mengurut bagian tubuh untuk melemaskan otot sehingga peredaran darah lancar yang dilakukan pada seluruh permukaan tubuh bayi. Manfaat pijat bayi adalah dapat memberikan jaminan adanya kontak tubuh berkelanjutan yang dapat mempertahankan perasaan aman pada bayi. Sentuhan juga akan merangsang peredaran darah dan akan menambah energi karena gelombang oksigen yang segar akan lebih banyak dikirim ke otak dan seluruh tubuh. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dan ibu yang mempunyai bayi tentang pijat bayi. Sasaran nya adalah kader dan ibu yang memiliki bayi. Metode yang dilakukan adalah ceramah, diskusi dan pemutaran video pijat bayi serta demonstrasi langsung praktik pijat bayi. Kegiatan ini dilakukan dengan mengumpulkan kader terlebih dahulu untuk dilakukan pelatihan tentang pijat bayi lalu mengumpulkan ibu-ibu bayi untuk diberikan pelatihan dengan kader sebagai peer teaching pada saat posyandu. Luaran yang dihasilkan adalah booklet tentang pijat bayi. Setelah dilakukan pelatihan pada kader pada  bulan November 2017  lalu  dilakukan evaluasi dimana kader melakukan sosialisasi ke ibu-ibu yang mempunyai bayi. Sosialisasi itu dilakukan di posyandu pada bulan November 2017 dan Januari 2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Roesli, Utami, (2001), Pedoman Pijat Bayi Edisi revisi, Trubus Agriwidya, Cetakan 1, Jakarta https://www.johnsonsbaby.co.id/memijat-bayi/manfaat-menyentuh-dan-memijat-bayi#F2umD3DZfK1Ic5tq.99.

Published
2019-02-04
How to Cite
Sari, K., Susanti, R., Septianingrum, R., Mei, N. A., & Dian, A. (2019). IBM DESA CANDIREJO “UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN BAYI DENGAN PIJAT BAYI. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia (Indonesian Journal of Independent Community Empowerment), 2(2), 10 - 14. https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i2.25