PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) PARTISIPATIF SEBAGAI INISIASI KANTIN SEHAT PADA SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN CANDIREJO

Partisipatory PMT as An Initiation of Health Cafetaria in Primary School of Candirejo Village

  • Galeh Septiar Pontang Universitas Ngudi Waluyo
  • Sugeng Maryanto Universitas Ngudi Waluyo
  • Indri Mulyasari Universitas Ngudi Waluyo
Keywords: makanan jajanan, kantin sekolah, anak sekolah

Abstract

Makanan jajanan memiliki peran penting bagi anak sekolah dalam berkontribusi terhadap asupan energi dan protein. Perilaku konsumsi makanan jajanan yang tidak sehat akan berdampak pada status gizi anak sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan pengetahuan dan perilaku anak sekolah dalam memilih makanan jajanan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan penyuluhan dan pemberian intervensi. Penyuluhan digunakan dalam menyampaikan materi-materi gizi antara lain tentang makanan jajanan, pentingnya sarapan dan pesan gizi seimbang anak sekolah. Sedangkan pemberian intervensi berupa penyediaan makanan jajanan di kantin dengan variasi yang sebelumnya belum pernah disajikan oleh pengelola kantin. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa-siswa antusias mengikuti rangkaian kegiatan dan terdapat peningkatan pengetahuan melalui evaluasi tanya jawab. Pemberian intervensi makanan jajanan menunjukkan bahwa siswa-siswa menggemari makanan jajanan yang disajikan khususnya buah potong, jus buah dan aneka gorengan yang mengandung lauk hewani/nabati seperti arem-arem, sosis solo, tahu isi dan sarang burung. Perlu adanya kebijakan dari pengelola kantin dalam menentukan menu makanan jajanan di kantin agar makanan jajanan yang dijual mengandung zat gizi yang cukup bagi anak sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani M, Wiratmadji B. 2012. Peran Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Penerbit Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Khomsan A. 2003. Pangan Dan Gizi Untuk Kesehatan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Marlina. 2003. Uji Mikrobiologi Makanan Kue Basah Di Sekolah Dasar Negeri Jalan Megawati/Halat, Kec. Medan Area, Tahun 2003.[Skripsi]. FKM USU, Sumatera.

Meirina W. 2012.Kandungan Energi, Protein, Sakarin, Siklamat Dan Frekuensi Konsumsi Makanan Jajanan Oleh Siswa Mts Syarif Hidayah Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, Vol. 11 / No. 1, April 2012.

Published
2019-02-04
How to Cite
Septiar Pontang, G., Maryanto, S., & Mulyasari, I. (2019). PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) PARTISIPATIF SEBAGAI INISIASI KANTIN SEHAT PADA SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN CANDIREJO. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia (Indonesian Journal of Independent Community Empowerment), 2(2), 21 - 27. https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i1.27