Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang dengan Permainan Ular Tangga Gizi di SMP PGRI 1 Surakarta

Increasing Adolescent Knowledge About General Guidelines for Balanced Nutrition with Snakes and Ladders Nutrition Games in SMP PGRI 1 Surakarta

Authors

  • Nastitie Cinintya Nurzihan STIKes Kusuma Husada Surakarta
  • Oktavina Permatasari STIKes Kusuma Husada Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i1.37

Abstract

Nutrition problems in adolescents will cause two nutritional problems, namely lack of nutrition and over nutrition. Nutrition problems in adolescents can be prevented by using the General Guidelines for Balanced Nutrition (PUGS) and the application of PUGS can begin with an understanding of healthy lifestyles that are supported by implementing a consumption of balanced nutritious foods. Nutrition education in the school environment can provide positive support for adolescent knowledge, attitudes, and impulses. Education about balanced nutrition needs to be socialized considering there are still many teenagers who do not understand about balanced nutrition in adolescents at SMP PGRI 1 Surakarta based on preliminary studies. Increasing adolescent knowledge about balanced nutrition can be done by providing education. Effective education is the approach of the nutrition ladder snake method which is an educational game tool that can encourage teens to ask for balanced nutrition. This service aims to provide education to adolescents on the importance of consuming balanced nutrition to support the growth process in adolescence. Activities carried out by the counseling process with the method of nutrition so that it can increase knowledge, understanding, and awareness about the consumption of balanced nutrition

Abstrak

Permasalahan gizi pada remaja akan menimbulkan dua masalah gizi yaitu gizi kurang dan gizi lebih. Masalah gizi pada remaja tersebut dapat dicegah dengan menggunakan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) dan penerapan PUGS dapat dimulai dengan pemahaman tentang pola hidup sehat yang didukung dengan menerapkan konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Pendidikan gizi di lingkungan sekolah dapat memberikan dukungan yang positif terhadap pengetahuan, sikap dan tendakan remaja. Pendidikan mengenai gizi seimbang perlu disosialisasikan mengingat masih banyak remaja yang belum paham tentang gizi seimbang pada remaja di SMP PGRI 1 Surakarta berdasarkan studi pendahuluan. Peningkatan pengetahuan remaja akan gizi seimbang dapat dilakukan dengan memberikan edukasi. Edukasi yang efektif adalah dengan pendekatan metode ular tangga gizi yang merupakan alat permainan edukatif yang dapat mendorong minta remaja tentang gizi seimbang. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada remaja akan pentingnya konsumsi gizi seimbang untuk menunjang prose pertumbuhan pada masa remaja. Kegiatan yang dilakukan dengan proses penyuluhan dengan metode ulartangga gizi sehingga dapat meningkaatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran tentang konsumsi gizi seimbang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnani H & Wirjatmadi. (2013). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Mulia Medika

Amelia, C. (2010). Efektivitas Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Pengetahuan tentang Bahaya Rokok Siswa Kelas VII dan VIII SMP Ma’aruf Nu Tegal. Skripsi: Universitas Negeri Semarang

Chabib M, Ery T.D & Dedi Kusmandi. (2017) Efektivitas Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Sebagai Sarana Belajar Tematik SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Vol, 2 No 7 Hlm 910-918

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang (Pedoman Teknis Bagi Petugas dalam Memberikan Penyuluhan Gizi Seimbang). Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak

Kostanjevec, S., Jerman, J., Koch, V. (2011). The Effects of Nutrition Education on 6th Graders Knowledge of Nutrition in Nine-year Primary Schools in Slovenia. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 7(4), 243-252

Nachiappan, S., Rahman, N.A. Andi H., Fatimah, Z.M., (2014). Snake and Ladder Games in Cognition Development on Students with Learning Difficulties. Jurnal American Research Institute, Vol.3, No.2: 217-229.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2015). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta

Notoatmodjo. Soekidjo. (2015). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Novarina, D (2010), Penggunaan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Memahami Konsep Bilangan di TK. Skripsi, Universitas Negeri Malang

Saputri, Lila O., Kristiawati, Ilya K. (2012). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap dalam Pemilihan Jajanan Sehat Menggunakan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga. Skripsi: Universitas Airlangga.

Sulistyoningsih, H. (2012). Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supariasa D.N. (2013). Pendidikan dan Konsultasi Gizi. Jakarta: EGC

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Nastitie Cinintya Nurzihan, & Oktavina Permatasari. (2020). Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang dengan Permainan Ular Tangga Gizi di SMP PGRI 1 Surakarta: Increasing Adolescent Knowledge About General Guidelines for Balanced Nutrition with Snakes and Ladders Nutrition Games in SMP PGRI 1 Surakarta. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia (Indonesian Journal of Independent Community Empowerment), 1(1), 17–24. https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i1.37