IBM KEWIRAUSAHAAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN UNGARAN BARAT

Authors

  • Himmah Taulany Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran
  • Nufitriani Kartika Dewi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran
  • Swantyka Ilham Prahesti Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran

DOI:

https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i1.28

Keywords:

anak usia dini, kewirausahaan, pengabdian masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi pendidik PAUD di Kecamatan Ungaran Barat yang terhimpun dalam organisasi Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ditujukan agar membantu pendidik PAUD dalam menyelenggarakan pendidikan kewirausahaan bagi anak usia dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diajukan setelah mengamati dan menganalisis permasalahan yang ada di lapangan yaitu perlunya bahan ajar dalam pendidikan kewirausahaan yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Bahan ajar yang diajukan sebagai solusi permasalahan tersebut adalah kewirausahaan dengan pendekatan mikroekonomi. Bahan ajar ini memuat konsep-konsep mikroekonomi yaitu produksi, distribusi dan konsumsi yang dikemas dalam bentuk buku. Agar sesuai dengan karakterisktik anak usia dini yang lebih menyukai informasi dalam bentuk gambar, maka buku ajar kewirausahaan anak usia dini ini menampilkan lebih banyak gambar-gambar. Bentuk kegiatan kepada masyarakat ini adalah pelatihan tentang bahan ajar kewirausahaan bagi anak usia dini dengan pendekatan mikroekonomi bagi pendidik PAUD dan pendampingan penerapan pelatihan pada anak didik di lembaga masing-masing. Hasil pelatihan adalah adanya penambahan pengetahuan dan pemahaman  pendidik PAUD tentang bahan ajar kewirausahaan bagi anak usia dini dengan pendekatan mikroekonomi dan kesiapan pendidik dalam menerapkan hasil pelatihan. Hasil akhir dari pendampingan hasil pelatihan adalah adanya peningkatan hasil belajar kewirausahaan anak dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dan peningkatan keaktifan anak dalam pembelajaran dengan demikian besar harapan tercapainya tujuan akhir dari pendidikan kewirausahaan ini yaitu tumbuhnya jiwa kewirausahaan anak sejak dini agar dapat menjadi anak bangsa yang kuat dan mampu bersaing dalam kancah kehidupan selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayah, Choirul. 2014. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Berbasis Tauhid dan Entrepreneurship (Penelitian di TK Khalifah Gedong Kuning Yogyakarta)”.Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan (GNMMK). Hasil Simposium Nasional Kewirausahaan. Jakarta: Pemerintah RI

Morrison, Goeorge.S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Terjemahan. Jakarta:PT Indeks.

Rosyana, Dhian Farah.2014. “Pembelajaran Nilai-Nilai Kewirausahaan Bagi Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Taulany, Himmah. Rusilowati, Ani dan Mulyono, Sungkowo Edy. 2017. “Keefektifan Simulasi dalam Pembelajaran Kewirausahaan Bagi Anak Usia Dini”. Journal of Primary Education. Vol. 6 (2).https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/17562

Taulany, Himmah. Dewi, Nuftriani Kartika. Prahesti, Swantyka Ilham. 2018. “Pelatihan Simulasi Kewirausahaan Anak Usia Dini di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang”. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (JPPM) UNMA. Vol.3 (1). http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian

Yan, Thomas Wing. 2014. “Clarifying the Domain of Educational Entrepreneurship: Implications for Studying Leadership, Innovationand Change”. https://www.ied.edu.hk/apclc/roundtable2010/paper/Clarifying%20Educational%20EntrepreneurshipThomas%20Wing%20Yan%20MAN.Pdf. Diunduh 10 Oktober 2018.

Yulianto, Arif. 2013. “Manajemen Kurikulum Berbasis Entrepreneurship di Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Daycare Khalifah 14 Yogyakarta”.Skripsi. UniversitasNegeriYogyakarta

http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/15 87/81/502. Diunduh 11 Oktober 2018.

Downloads

Published

2019-02-05

How to Cite

Taulany, H. ., Kartika Dewi , N. ., & Ilham Prahesti, S. . (2019). IBM KEWIRAUSAHAAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN UNGARAN BARAT. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia (Indonesian Journal of Independent Community Empowerment), 2(1), 28–43. https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i1.28