Pelatihan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara
Keywords:
Pelatihan, Menulis Karya Ilmiah, Banjarnegara, Guru Sekolah DasarAbstract
This community empowerment aims at improving skills of and intensifying scientific writing and publication for teachers under the auspices of the Ki Hajar Dewantara KKG, Purwanegara, Banjarnegara. Difficulty of publication triggered by a lack of motivation, was given a solution in the form of encouraging teachers to restart their scientific writing activities. The enthusiasm given was accompanied by the provision of motivation about the importance of writing skills for a teacher and its benefits for various parties. Furthermore, the problem of difficulties for teachers to publish due to lack of ability and skills to write scientific papers was given a solution in the form of training: facilitation-based action learning model. Based on the series of activities, it was concluded that efforts to motivate the participating teachers to write scientific papers showed good results. The teacher's enthusiasm and willingness to write scientific papers deserves to be appreciated. Furthermore, the teacher's skills in writing scientific papers showed good results as well. However, this activity has not succeeded in publishing participants' scientific papers in scientific journals. Suggestions given are those related to implementation time management, provision of materials for writing scientific papers and their practice, as well as methods of writing assistance.
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan menggiatkan kegiatan menulis karya ilmiah dan publikasinya bagi guru, yang bernaung di KKG Ki Hajar Dewantara, kecamatan Purwanegara, kabupaten Banjarnegara. Kesulitan publikasi yang dipicu oleh kurangnya motivasi, diberi solusi berupa pemberian semangat kepada guru untuk memulai kembali aktivitas menulis karya ilmiahnya. Semangat yang diberikan diiringkan dengan pemberian motivasi tentang pentingnya keterampilan menulis bagi seorang guru dan manfaatnya untuk berbagai pihak dalam dunia Pendidikan. Selanjutnya, permasalahan kesulitan guru untuk melakukan publikasi yang disebabkan oleh minimnya kemampuan dan keterampilan menulis karya ilmiah diberi solusi dalam ujud pelatihan. Pelatihan yang diadakan adalah model action learning berbasis fasilitasi. Berdasarkan rangkaian kegiatan pengabdian disimpulkan bahwa upaya memotivasi guru-guru peserta kegiatan untuk menulis karya ilmiah menunjukkan hasil yang baik. Semangat dan kemauan guru untuk menulis karya ilmiah layak untuk diapresiasi. Selanjutnya, keterampilan guru dalam menulis karya ilmiah menunjukkan hasil yang baik pula. Namun demikian, dari kegiatan pengabdian ini belum berhasil mempublikasikan karya ilmiah peserta di jurnal-jurnal ilmiah. Saran yang diberikan untuk pelaksanaan kegiatan lain di kesempatan yang berbeda adalah yang terkait dengan manajemen waktu pelaksanaan, pemberian materi yang terkait dengan prosedur menulis karya ilmiah dan prakteknya, serta metode pendampingan penulisan.
References
Abrar, M., Rachmawati, Masbirorotni, & Fajaryani. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Karya Ilmiah Di Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 617–622.
Cahyaningrum, C. F., Sudharto, & Nurkolis. (2021). Pengaruh Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sd Di Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. IJES International Journal of Elementary School, 1(1).
Chan, V. (2021). What Makes a Good Teacher in Vocational Education? Students Talk Back. Journal of Technical Education (JOTED), 9(2), 123–141.
Firnanda, Y. (2020). Sekolah Rujukan (Studi Evaluatif di SMKN 1 Kota Bengkulu). Jurnal Manajer Pendidikan, 14(1), 92–109.
Han, J., & Yin, H. (2016). Teacher motivation: Definition, research development and implications for teachers. Cogent Education, 3(1).
Jan, H. (2017). Teacher of 21st Century: Characteristics and Development. Research on Humanities and Social Sciences, 7(9), 50–54.
Nurhasanah, E., & Maspuroh, U. (2021). Training on Writing Scientific Works for Teachers of SDN Karyamakmur II and SDN Segarjaya 1 Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang. Kangmas Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(2), 128–136.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pub. L. No. 16 (2009).
Sembiring, R. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Kontekstual Elemen Inkuiri Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Kabanjahe. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 7(1), 95–106.
Sugiarti, S., Anggraini, P., & Musaffak, M. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru MTs Muhammadiyah I Malang sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 87–98.
Sumartini, Mulyani, M., & Nugroho, B. A. (2019). Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Demak. Jurnal Puruhita, 1(1), 54–59.
Taufiq, M., Rusilowati, A., & Astuti, B. (2021). Model Pelatihan Action Learning Berbasis Fasilitasi Upaya Meningkatkan Hasil PTK Guru IPA Berupa Artikel pada Jurnal Ilmiah. Semarang: Penerbit LPPM Universitas Negeri Semarang.