PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Zulmi Roestika Rini Universitas Ngudi Waluyo
  • Kartika Yuni Purwanti Universitas Ngudi Waluyo
  • Joyo Minardo Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

Pendidikan pada anak perlu ditanamkan sejak dini, termasuk juga dalam mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satu manfaatnya adalah agar anak terbiasa melakukan hal baik ini, sehingga terbawa hingga dewasa nanti. Namun, perilaku dalam menjaga kesehatan bukan hanya terjadi di rumah, tetapi juga di sekolah. Hal ini disebut juga dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Orangtua perlu tahu apakah program ini diterapkan dengan baik di sekolah atau tidak. Saat anak terbiasa melakukan hal ini, tentu berbagai risiko dari penyakit dapat diturunkan dengan baik. Selain itu, cara ini juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Tujuan dari PKM ini adalah untuk memberikan informasi bagi siswa tentang PHBS di SD Sidomulyo 01. Metode pelaksanaan dilakukan dengan penyuluhan menggunakan LCD dan simulasi tentang cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar. Penyuluhan PHBS pada anak sekolah dasar di SD Sidomulyo 01 berjalan lancar, semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan PKM ini.

References

Adriansyah, Agus Aan. Firdausi, N. J. (2017). Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Membangun Gaya Hidup Sejak Dini di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lengkong 1, Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto.

Budiarti, L. Y., & Herawati. (2013). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Kejadian Diare pada Anak Sekolah Dasar (SD). Dk, 01(01), 40–47.

Dinkes Surabaya (2009), Buku Saku Pelaksanaan PHBS bagi masyarakat Surabaya, Dinas

KesehatanSurabaya.

Kemensos RI. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Penguatan Kapabilitas Anak dan Keluarga. In Penguatan Kapabilitas Anak dan Keluarga.

Kementerian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. Kurniawan, H. (2017). Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan pada Anak di Panti Asuhan Melalui Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 9–16.

Ningsih, E., Purwaningsih, D. Y., Udyani, K., Budianto, A., & Zuchrilah, D. R. (2019). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini dan Pemberian Fasilitas Kebersihan di SD Negeri 1 Bangeran. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 3(1), 7–14. https://doi.org/10.31284/j.jppiptek.2019.v3i1.488 Saputro, W.,

Siswanto, Hadi (2009) Pendidikan Kesehatan Anak Usia Dini, Pustaka Rihana : Jakarta

Sya’roni RS (2007), Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jakarta : Rineka Cipta

Umar, Zaidina (2007). Perilaku Cucu Tangan Sebelum Makan dan Kecacingan pada Murid

SD di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Jurnal Kesehatan Masyarakat

Nasional Kesehatan Masyarakat 2 (2);250

Unusa, 1(2), 87–95. Gabur, M. G. J., Yudiernawati, A., & Dewi, N. (2017). Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap Personal Hygiene Anak Usia Sekolah d SDN Tlogomas 2 Malang. Journal Nursing News, 2(1), 533–542.

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

Roestika Rini, Z., Kartika Yuni Purwanti, & Joyo Minardo. (2023). PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 80–84. Retrieved from https://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jfkp/article/view/254