Pelatihan Pembuatan Matematika Sederhana Bagi Guru SD Candirejo 02

Authors

  • Zulmi Roestika Rini Universitas Ngudi Waluyo
  • Hesti Yunitiara Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilatar belakangi adanya permasalahan pada mitra, yaitu (1) masih banyak guru yang melaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode konvensional, sehingga membuat proses pembelajaran menjadi monoton serta siswa tidak aktif sehingga merasa bosan; (2) siswa merasa kesulitan jika harus membayangkan secara abstrak, sehingga dibutuhkan suatu alat peraga untuk memudahkan siswa memahami materi yang diajarkan; dan (3) pada kenyataannya, guru-guru di SD Negeri Candirejo 02 belum memiliki banyak pengalaman dalam membuat maupun menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga matematika. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam bentuk pembuatan dan penggunaan alat peraga matematika sederhana. Pelatihan dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi, dan praktik pembuatan dan penggunaan alat peraga matematika sederhana. Luaran yang telah dicapai dalam program kemitraan masyarakat ini adalah peningkatan kompetensi dan kemampuan guru-guru dalam kemampuan pembuatan media berupa alat peraga yang kratif dan inovatif dan penggunaanya dalam pembelajaran matematika. Selain itu, dihasilkan juga buku petunjuk pembuatan alat peraga matematika sederhana dan publikasi hasil pengabdian pada seminar nasional.

References

Iranita, H. M. dan Purwaningrum, J. P. 2017. Pendampingan Penyusunan, Pembuatan dan Penggunaan Lenbar Kerja Siswa serta Alat Peraga pada Materi Volume Prisma Tegak Segitiga Berbasis Penemuan Terbimbing. Laporan Pengabdian, Fakultas Psikologi, Universitas Murua Kudus.

Nartani, C. I., Hidayat, R. A. dan Sumiyati, Y. 2015. Kepuasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Konstekstual di SD Taman Muda Kota Yogyakarta. Jurnal Varidika, Vol 2, No 2, hlm 138-143.

Purwaningrum, J. P., 2016. Circuit Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 2016. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang (hal 136-142). Semarang :UPGRIS.

Sudarwanto dan Hadi, I. 2014. Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa. Jurnal Sarwahita, Vol 11 No. 1; hlm 32-37.

Sugilar, H. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah melalui Pembelajaran Generatif. Tesis. Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.

Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Rini, Z. R. ., & Yunitiara, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Matematika Sederhana Bagi Guru SD Candirejo 02. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 12–15. Retrieved from https://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jfkp/article/view/306