INTEGRASI NILAI-NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN SD NEGERI 1 NGESREPBALONG
DOI:
https://doi.org/10.35473/jpmmi.v7i2.479Abstract
Pancasila sebagai dasar sekaligus ideologi bangsa Indonesia yang sangat menegakkan prinsip kehidupan bernegara. Artinya nilai-nilai dalam Pancasila menjadi nilai yang mengatur kehidupan berbangsa san bernegara baik dalam bidang pendidikan, hukum, politik, ekonomi, seni budaya, dan kemasyarakatan. Salah satunya adalah di bidang pendidikan, sekolah merupakan instansi yang paling krusial untuk memberikan pemahaman serta implementasi nilai-nilai pancasila kepada masyarakat khususnya anak-anak. Dusun Gunungsari merupakan salah satu dusun di Desa Ngesrepbalong, Kendal. Yang terletak di lereng Gunung Ungaran, sehingga sangat berdampingan dengan lingkungan alami. Upaya menjaga lingkungan merupakan salah satu implementasi dari nilai-nilai pancasila. Penelitian ini mengusung tema integrasi nilai-nilai pancasila di sekolah dengan metode pendekatan Rural Appraisal (PRA) yang berbentuk penyuluhan dan pelatihan. Dengan objek penelitiannya adalah siswa-siswi SDN 1 Ngesrepbalong. Pelaksanaannya dilakukan di dalam kelas dan terbagi menjadi dua pertemuan. Pertemuan pertama pemberian materi dan post-test mengenai pancasila dengan hasil perhitungan sebelum dan setelah post-test diperoleh skor N Gain sebesar 0,74 yang termasuk tinggi. Dan persentase skor N Gain diperoleh sebesar 74% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Kemudian dilakukan pertemuan kedua dengan tema lingkungan. Selain itu, dilakukan juga kegiatan di luar kelas melalui kegiatan belajar “isen-isen” batik guna menumbuhkan kreativitas dan rasa cinta terhadap kebudayaan batik Indonesia
Downloads
References
Azimi, A., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 145-157.
Handayani, P. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Sebagai Dasar Negara. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 6-12.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Irwan, I., Akbar, A., Kamarudin, K., Mansur, M., Manan, M., & Ferdin, F. (2021). Penyuluhan Makna Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Perwujudan Integrasi Bangsa. Jurnal Abdidas, 2(3), 512-520.
Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi nilai-nilai pancasila untuk membangun karakter pelajar pancasila di lingkungan kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62- 70
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., Kholik, A., Aminulloh, M., Utami, I. I. S., Efendi, I., & Gunadi, G. (2022). Pendampingan penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar berorientasi pelajar pancasila. Warta LPM, 164-174.
Pramudianti, M., Huda, C., Kusumaningsih, W., & Wati, C. E. (2023). Kefektifan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Muatan Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1315-1312.
Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh proyek profil pelajar pancasila terhadap karakter bernalar kritis peserta didik. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 614-622.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.
Safitri, A. O., & Dewi, D. A. (2021). Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Implementasinya Dalam Berbagai Bidang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 88-94.
Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(1), 53-58.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi nilai Pancasila dalam pembelajaran melalui penerapan profil pelajar Pancasila berbantuan platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155-167.
Wibowo, K. A., & Najicha, F. U. (2022). Aktualisasi Pancasila dalam Kehidupan Masyarakat di Era Globalisasi. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(1), 22-31.