Pemanfaatan Video Profil Sebagai Sarana Promosi Dalam Meningkatkan Eksistensi TK Islam Al Mujahidin

Authors

  • Yoannes Romando Sipayung S1 Teknik Informatika, Universitas Ngudi Waluyo
  • Nur Intan Rochmawati S1 PGPAUD, Universitas Ngudi Waluyo
  • Fajar Taufik Romandhoni S1 Teknik Informatika, Universitas Ngudi Waluyo
  • Azizah Sella Lestari S1 PGPAUD, Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

video profil, promosi

Abstract

Dalam meningkatkan eksistensi suatu instansi ke masyarakat luas, perlu adanya suatu media yang dapat menjadi salah satu sarana promosi. Promosi yang banyak diterapkan saat ini yaitu dalam bentuk video profil. Video profil merupakan sebuah media elektronik untuk menyampaikan informasi yang efektif dalam memperkenalkan dan promosikan suatu instansi.TK Islam Al Mujahidin merupakan salah satu sekolah Taman Kanak-Kanak yang terletak di Kota Semarang yang sampai saat ini belum memiliki media promosi dalam bentuk video profil. Berdasarkan hal tersebut, maka untuk melakukan promosi, perlu dikembangkan sebuah video profil TK Islam Al Mujahidin.Dalam pembuatan video ini, digunakan peralatan pendukung, seperti kamera, lighting,  aplikasi editing video, dan pendukung lainnya, sehingga akan memudahkan pembuatan video profil. Dalam pembuatan Video Profil tahapan yang akan dibuat dimulai dari tahap Pra Produksi (persiapan ide, pengerjaan video, dan dialog atau storyboard), Tahap Produksi (proses pengambilan gambar), tahap Paska Produksi (Editing Video) serta elemen-elemen yang ada setiap tahapnya. Hasilnya berupa video profil yang dapat digunakan untuk mempromosikan TK Islam Al Mujahidin.

References

H. S. Wahyudi and M. P. Sukmasari, “Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat,” J. Anal. Sosiol., vol. 3, no. 1, 2018, doi: 10.20961/jas.v3i1.17444.

S. Fauziah, S. I. Prahesti, and Y. R. Sipayung, “Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Digital Untuk Menyongsong Era 5 . 0 Bagi Guru PAUD Di Kabupaten Semarang,” Ngudi Waluyo Empower. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, pp. 30–35, 2023.

E. S. Rini and N. W. S. Arini, “Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media promosi produk hasil kerajinan Dynler (Dainy Leather),” WIDYABHAKTI J. Ilm. …, vol. 2, no. 1, pp. 118–123, 2019, [Online]. Available: http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/download/143/84.

M. P Ajeng, “Pembuatan Video Profil SD Negeri Tegalrejo 03 Salatiga Berbasis Multimedia,” J. Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 7, no. 2, pp. 42–49, 2015.

F. Kusumo and Sulartopo, “Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi Pada Toko Citra Meubel Semarang,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 12, no. 1, pp. 33-41., 2019.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Sipayung, Y. R., Rochmawati, N. I., Romandhoni, F. T., & Lestari, A. S. (2023). Pemanfaatan Video Profil Sebagai Sarana Promosi Dalam Meningkatkan Eksistensi TK Islam Al Mujahidin. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 48–55. Retrieved from https://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jfkp/article/view/382