Sosialisasi Pentingnya Karakter Disiplin Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Hesti Yunitiara Rizqi Universitas Ngudi Waluyo
  • Zulmi Roestika Rini

Keywords:

Sosialisasi, Karakter Disiplin, Pembelajaran Matematika

Abstract

Karakter disiplin siswa mencerminkan bahwa siswa tersebut tahu akan aturan yang sudah ditetapkan. Namun permasalahan yang sering terjadi yaitu siswa belum sepenuhnya melakukan unsur kedisiplinan yang seharusnya sudah menjadi kewajibannya di sekolah. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait pentingnya karakter disiplin di SD Hj. Isriadi Moenadi dengan sasaran pesertanya adalah siswa. Tujuan dari pengabdian ini yaitu agar karakter disiplin tumbuh dalam diri siswa. Selain itu siswa menyadari bahwa dengan mereka disiplin dalam pembelajaran matematika yang selama ini dianggap sulit akan memperoleh hasil yang optimal. Kegiatan yang dilakukan melalui beberapa tahap, memperoleh hasil sesuai yang ingin capai dari tim. Data yang diperoleh didapatkan melalui hasil observasi siswa saat pembelajaran matematika berlangsung. Adapun hasil yang diperoleh yaitu adanya peningkatan karakter disiplin siswa yang semula memeperoleh rata-rata 49% menjadi 91,25%. Dari hasil tersebut merupakan akumulasi dari rata-rata pada masing-masing indikator karakter disiplin. Melalui kegiatan ini guru senantiasa dapat menghimbau siswa dalam menanamkan karakter disiplin dengan berbagai cara sehingga berdampak pada berjalannya proses pembelajaran yang efektif.

References

Akmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd ) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi K kasus). Jurnal of Education Science (JES), 5(2), 1–12.

Iqbal, M., Amiruddin, & Nasufi, M. (2016). Tingkat Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Smp Negeri 13 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Unsyiah, 2(1), 1–12.

Listiana, S. (2019). The Importance Of Habits. Desa Pustaka Indonesia.

Naibaho, D. E., & Sipayung, R. (2020). Hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di SD Negeri 24 Tanjung Bunga. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 342-351.

Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter disiplin. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118-4125.

Ratnayanti, G. (2021). Sikap Preventif Melalui Tekni Puzzle. Jakad Media Publishing.

Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460-476.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Rizqi, H. Y., & Zulmi Roestika Rini. (2024). Sosialisasi Pentingnya Karakter Disiplin Dalam Pembelajaran Matematika. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 50–54. Retrieved from https://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jfkp/article/view/514