Pelatihan Bahasa Isyarat Sederhana bagi Pendidik PAUD di Kecamatan Ungaran Timur
Kata Kunci:
Pengabdian, Pendidik PAUD, Bahasa IsyaratAbstrak
This service activity aims to help educators in simple communication with students with hearing impairments. The method of implementation in this service is by training and mentoring Sign Language for PAUD educators. Sign Language training and mentoring do not and only practice Sign Language, but also practice correct articulation. Community service shows that students experience an increased understanding of letter sound production from 5 educators to 26 educators, and introduces letters without correct articulation even students do not know the sound of letters in production. PAUD educators only know 3-4 words increase to more than 10 words.
Abstrak
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu pendidik dalam berkomunikasi sederhana dengan peserta didik penyandang tuna rungu wicara. Metode pelaksanaan pada pengabdian ini adalah dengan pelatihan dan pendampingan Bahasa Isyarat bagi pendidik PAUD. Pelatihan dan pendampingan Bahasa Isyarat tidak serta mesrta hanya melatih Bahasa Isyarat saja, akan tetepi juga melatih artikulasi yang benar. Pengabdian pada masyarakat ini menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan pemahaman produksi bunyi huruf dari 5 pendidik hingga 26 pendidik, serta mengenalkan huruf tanpa artikulasi yang benar bahkan peserta didik tidak mengetahui bunyi huruf di produksi. Pendidik PAUD hanya mengetahui 3-4 kata meningkat menjadi lebih dari 10 kata.
Referensi
Dewi, Nufitriani Kartika. (2019). Interpretasi Abstrak Anak Usia Dini Penyandang Tuna Rungu Wicara Terhadap Agama (Penelitian di SLBN UNGARAN). Penelitian Dosen Internal. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Ngudi Waluyo.
analisis Situasi Penyandang Disabilitas Di Indonesia: Sebuah Desk-Review. (n.d.). Retrieved from https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_160340.pdf
Lederberg, A. R., Schick, B., & Spencer, P. E. (2013). Language and literacy development of deaf and hard-of-hearing children: successes and challenges. Developmental Psychology. https://doi.org/10.1037/a0029558
Mayberry, R. I. (2006). Learning Sign Language as a Second Language. In Encyclopedia of Language & Linguistics. https://doi.org/10.1016/b0-08-044854-2/05260-3