Pemanfaatan Geogebra Berbasis Android dalam Menanamkan Karakter Kreatif Siswa

Penulis

  • Hesti Yunitiara Rizqi Universitas Ngudi Waluyo
  • Anni Malihatul Hawa Universitas Ngudi Waluyo

Kata Kunci:

Geogebra, Geometri, Karakter Kreatif

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dilihat dari analisis kebutuhan guru dalam pembelajaran yang dapat menanamkan karakter kreatif siswa SD yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Geogebra. Penggunaan Geogebra pada siswa dapat meningkatkan keahliannya dan memperoleh hasil yang lebih baik. Kegiatan yang dilakukan di SDN 01 Ungaran menggunakan metode community development yang terdiri dari persiapan, pengenalan dilakukan sosialisasi, pelatihan penggunaan Geogebra dan menyusun penilaian karakter Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dilihat dari analisis kebutuhan guru dalam pembelajaran yang dapat menanamkan karakter kreatif siswa SD yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Geogebra. Penggunaan Geogebra pada siswa dapat meningkatkan keahliannya dan memperoleh hasil yang lebih baik. Kegiatan yang dilakukan di SDN 01 Ungaran menggunakan metode community development yang terdiri dari persiapan, pengenalan dilakukan sosialisasi, pelatihan penggunaan Geogebra dan menyusun penilaian karakter

kreatif, pemantauan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini karakter kreatif siswa telah tertanam dengan memanfaatkan Geogebra diperoleh rata-rata 85,08% kategori sangat baik dengan indikator 91,20% siswa mencoba cara-cara baru untuk menyelesaikan suatu permasalahan, 94,30% siswa menggunakan berbagai media/sumber untuk menyelesaikan suatu permasalahan, 83,30% siswa bertanya tentang materi terkait untuk memperoleh ide atau gagasan mereka, 77,50% siswa mempunyai penyelesaian suatu masalah yang berbeda dengan orang lain, dan 79,10% siswa mempunyai banyak gagasan dan usul terhadap suatu permasalahan. Oleh karena itu, hasil dari kegiatan pengabdian dalam pemanfaatan Geogebra berbasis android memberikan pengalaman visual kepada siswa untuk memahami materi geometri sehingga dapat menanamkan karakter kreatif siswa di sekolah dasar.

Referensi

Afriani, L., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash CS6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2141–2148.

Bereczki, E. O., & Kárpáti, A. (2021). Technology-enhanced creativity: A multiple case study of digital technology-integration expert teachers’ beliefs and practices. Thinking Skills and Creativity, 39, 100791.

Ilsa, A., F, F., & Harun, M. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288–300.

Ismunandar, D., & Nurafifah, L. (2019, February). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Matematika Berbantuan Geogebra terhadap Karakter Kreatif Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 526-532).

Japa,N., Suarjana, & Widiana. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering. 1(2), 40-47.

Kesumawati, N. (2017). Geogebra Sebagai Solusi Untuk Mengkonstruksi Konsep-Konsep Matematika Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana, November, 266–274.

Pamungkas, M. D., & Rahmawati, F. (2020). Workshop Penggunaan Software Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sd/Mi. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 176-185.

Rasyid, A. L. A., & Irsan, I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Geogebra pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 3(1), 53-60.

Suputra, K. Y., Sujana, I. W., & Darmawati, I. G. A. P. S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 423-431.

Ulfah, T. (2020, November). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital Di Sekolah Menengah Pertama. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 727-736).

Utami, R. D., & Fitriyani, R. W. (2017). Membangun Karakter Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pembuatan Kerajinan Recycle. URECOL, 193-198.

Wahyuni, Y., Edrizon, E., & Fauziah, F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pemanfaatan Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1120-1130.

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Rizqi, H. Y., & Anni Malihatul Hawa. (2022). Pemanfaatan Geogebra Berbasis Android dalam Menanamkan Karakter Kreatif Siswa. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 65–71. Diambil dari https://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jfkp/article/view/232