Pengenalan Budaya Indonesia Berbantuan Teknologi Augmented Reality Bagi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Lisa Virdinarti Putra Universitas Ngudi Waluyo
  • Zulmi Roestika Rini Universitas Ngudi Waluyo

Kata Kunci:

teknologi, augmented reality, budaya

Abstrak

Dalam kurikulum merdeka terkait pelajar Pancasila dianggap penting dan harus diikut sertakan dalam dunia pendidikan guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap makna Pancasila. Inovasi media  pembelajaran berkonsep ilmu dan teknologi merupakan salah satu alternatif model pembelajaran  yang dapat digunakan dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang terus maju. Masih sering ditemui proses pembelajaran yang hanya menggunakan media cetak saja, di mana guru lebih dominan menerangkan dan siswa hanya menyimak. Metode seperti ini kurang mengasah kreatifitas dan daya tangkap siswa, sedangkan di sisi lain sudah tersedia teknologi terbaru yang dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran yaitu penerapan Augmentd Reality. Teknologi ini dapat membantu siswa melihat tampilan animasi kebudayaan Indonesia yang terdiri dari objek 3D, lokasi, video, dan audio. Tujuan utama pada pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan penggunaan aplikasi terkait pengenalan budaya Indonesia berbantuan Augmented Reality sebagai salah satu media pembelajaran untuk mewujudkan penguatan Profil Pelajar Pancasila selain itu siswa sekolah dasar dapat memahami terkait pengenalan budaya Indonesia.  Hasil yang dicapai adalah sebuah aplikasi pengenalan kebudayaan negara Indonesia yang menampilkan objek 3D dan informasi sehingga memberikan kemudahan untuk memvisualisasikan materi kebudayaan Indonesia dalam bentuk pemodelan yang lebih nyata.

Referensi

Adilah, A. N., & Minsih, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran Monokebu pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5076-5085.

Amalia, F. R., & Najicha, F. U. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Lunturnya Nilai Nasionalisme dan Cinta NKRI di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan (UPY), 6(1).

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan Augmented Reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59-73.

Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbentuk Augmented Reality pada peserta didik untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep ipa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 90-101.

Chaeranti, S. N., Bakri, F., & Permana, A. H. (2018, November). Modul yang Dilengkapi dengan Teknologi Augmented Reality: Cara Mudah Belajar Fisika untuk Konsep dan Fenomena Kuantum dI SMA Kelas XII. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 7, pp. SNF2018-PE).

Dewi, K., & Sahrina, A. (2021). Urgensi augmented reality sebagai media inovasi pembelajaran dalam melestarikan kebudayaan. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(10), 1077-1089.

Endra, R. Y., Cucus, A., & Ciomas, M. (2020). Penerapan Teknologi Augmented Reality bagi Siswa untuk meningkatkan Minat Belajar Bahasa Mandarin di Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 19-30.

Fauzi, R. (2021). Augmented Reality Pengenalan Geografi Atmosfer Berbasis Android. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 4(3), 29-38.

Garzón, J. (2021). An overview of twenty-five years of Augmented Reality in education. Multimodal Technologies and Interaction, 5(7).

Hapsari, N. D., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Augmented Reality Video Sebagai Suplemen Pada Modul Bahasa Isyarat. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 185-194.

Ibisono, H. S., & Achmadi, H. R. (2020). Efektivitas Buku Saku Berbasis Augmented Reality Pada Materi Gerak Planet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2).

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Pengautan Pendidikan Karakater Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosisl, 2(1), 76–84.

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 117-123.

Rakhman, R. T., Piliang, Y. A., Ahman, H. A., & Gunawan, I. (2020). Peran Augmented Reality Dalam Meningkatkan Persepsi Visual Generasi Digital Native. Jurnal Sosioteknologi, 18(3), 488-496.

Risdianto, E., Yanto, M., Kristiawan, M., & Gunawan, G. (2021). Respon Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap MOOCs berbantuan Augmented Reality. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1487-1500.

Rochmawati, S. (2020). Pengembangan bahan ajar model inkuiri terbimbing berbasis e-learning yang dilengkapi Augmented Reality pada materi senyawa hidrokarbon (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 4(1), 62-72.

Subhashini, P., Siddiqua, R., Keerthana, A., & Pavani, P. (2020). Augmented Reality in Education. Journal of Information Technology and Digital World, 02(04),221–227.

Syahputra, A., & Arifitama, B. (2018). Pengembangan Alat Peraga Edukasi Proses Siklus Air (Hidrologi) Menggunakan Teknologi Augmented Reality. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 6(1), 2-11.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178.

Syifa, N., & Julia, J. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Inovasi Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi Sebagai Alat Bantu Pencapaian Pembelajaran. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 271-285.

Wahyono. 2020. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Vol 1 No 1

Yanzi, H. (2016). Bahasa Sebagai Bingkai Keberagaman Budaya Bangsa.

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Putra, L. V., & Zulmi Roestika Rini. (2023). Pengenalan Budaya Indonesia Berbantuan Teknologi Augmented Reality Bagi Siswa Sekolah Dasar. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–5. Diambil dari https://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jfkp/article/view/299