Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Digital Untuk Menyongsong Era 5.0 Bagi Guru PAUD Di Kabupaten Semarang
Kata Kunci:
pelatihan, guru paud, permainan edukatif, berbasis digital. 5.0Abstrak
Tujuan dari program pelatihan guru PAUD di kabupaten Semarang dalam pelatihan pembuatan alat permainan edukatif berbasis digital di era 5.0 bagi guru PAUD di Kabupaten Semarang adalah meningkatkan kompetensi guru PAUD yang METOL (Melek Teknologi). Di era digital ini guru PAUD harus mampu membuat alat permainan edukatif berbasis digital. Rendahnya kemampuan guru dalam pembuatan alat permainan eduktaif berbasis digital maka guru PAUD diharpakan melek teknologi dalam persaingan global saat ini.
Rendahnya Pendidik PAUD dalam penguasaan dalam bidang Digital, mengingat perkembangan zaman semakin menuntut para Pendidik PAUD turut andil sebagai pemberi pesan positif melalui media digital. Kurangnya penguasaan teknologi menjadi salah satu menyebabkan rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia dan sangat tertinggal dengan negara-negara maju. Sudah saatnya guru berperan aktif dalam dunia pendidikan agar dapat mengikuti perkembangan zaman serta mempermudah pendidik Paud dalam memasarkan lembaga melalui digital yang telah direncanakan.
Luaran kegiatan pengabdian ini adalah terlaksana kegiatan program pelatihan pembuatan alat permainan edukatif berbasis digital di era 5.0 bagi guru paud di kabupaten semarang. Kegiatan ini yang akan diwakili dari 15 lembaga PAUD di Kabupaten Semarang. Hasil dari pelatihan akan di HKI kan dan dipublikasikan
Referensi
Edwards, S. (2013). Digital play in the early years: A contextual response to the problem of integrating technologies and play-based pedagogies in the early childhood curriculum. European Early Childhood Education Research Journal, 21(2),199–212. doi.org/10.1080/1350293X.2013.789190.
Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media. Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Tahun Ajaran 2021/2022
Khoiri Alfian Nur . (2019). Efek Penggunaan Gadget Bagi Anak-anak
Nikiforidou, Z. (2018). Digital Games in the Early Childhood Classroom: Theoretical and Practical Considerations. Digital Childhoods, 253–265. doi:10.1007/978-981-10-6484-5_16
Oblinger, D. (2004). The next generation of educational engagement. Journal of Interactive Media in Education, 8, 1–18. doi.org/10.5334/2004-8-oblinger.
Qalbi, Z., Merlina, S., Putera, R., Hidayati, I., & Daryat, M. (2020). Pengaruh permainan maze terhadap kemampuan bercerita di tk negeri 1 padang baru. 4(2), 287–294