PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN SKILL MAHASISWA DALAM MEMBUAT MEDIA AJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Zulmi Roestika Rini Universitas Ngudi Waluyo
  • Lisa Virdinarti Putra Universitas Ngudi Waluyo
  • Agung Wibowo Universitas Ngudi Waluyo

Kata Kunci:

Aplikasi Canva, Pelatihan, Soft Skill

Abstrak

Pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan dalam revolusi industri 4.0 membuat perubahan dalam gaya belajar dalam kegiatan pembelajaran. Guru dituntut untuk mengikuti proses pembelajaran digital yang interaktif dan mampu meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Adanya Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, mahasiswa dituntut memiliki soft skill, dan kemampuan di luar bidang studinya. Dari adanya permasalahan di masyarakat sehingga Tim PKM menyusun Progam Pengabdian ini yang bertujuan untuk memberi bekal kepada mahasiswa PGSD sebagai calon guru agar mampu mengoperasikan aplikasi Canva untuk pembuatan media pembelajaran yang inovatif. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk membuat berbagai macam desain, seperti cover, spanduk, banner, undangan, sertifikat dan lain-lain. Metode pengabdian yang digunakan adalah tutorial, di mana mahasiswa didampingi agar mampu mengoperasikan aplikasi Canva. Mahasiswa yang mengikuti pengabdian ini adalah para mahasiswa PGSD Universitas Ngudi Waluyo. Hasil dari pengabdian ini diharapkan mahasiswa mampu mengoperasikan Canva, dan dapat menerapkannya di lingkungan masyarakatnya, terlebih dapat membuat media pembelajaran yang inovatif terhadap perkembangan jaman.

Referensi

Efendi, R., Putra, A., Hasibuan, G., & Siregar, P. S. (2023). Canva Application-Based Learning Media on Motivation and Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 7(2), 342–352.

Elsa, E., & Anwar, K. (2021). The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62. https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1. 2253

Fauziyah, N. L., Widodo, J. P., & Yappi, S. N. (2016). The Use of ‘ Canva for Education ’ and the Students ’ Perceptions of Its Effectiveness in the Writing Procedure Text. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 6368–6377.

Haisam Arrasyid, A., Rimanda, R., Puadah, U. S., & Aeni, A. N. (2022). Sharing Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Konten Islami. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia,2(1),99–103. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.

Hijrah, L., Arransyah, M. F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 98. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i 1.5849

Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v 2i6.498

Jafar Adrian, Q., Putri, N. U., Jayadi, A., Sembiring, J. P., Sudana, I. W., Darmawan, O. A., Nugroho, F. A., & Ardiantoro, N. F. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Siswa/Siswi Smkn 1

Tanjung Sari, Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS),3(2),187. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2020

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Rini, Z. R. ., Putra, L. V., & Wibowo, A. (2024). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN SKILL MAHASISWA DALAM MEMBUAT MEDIA AJAR MATEMATIKA. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 18–22. Diambil dari https://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jfkp/article/view/451