Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Cerita Bergambar Berbasis Digital Bagi Guru PAUD METAL di Kabupaten Semarang

Penulis

  • Syifa Fauziah Universitas Ngudi Waluyo
  • Swantyka Ilham Prahesti Universitas Ngudi Waluyo
  • Yoannes Romando Sipayung Teknik Informatika UNW

Kata Kunci:

pelatihan guru PAUD, , cerita bergambar digital, literasi digital, teknologi pendidikan

Abstrak

Tujuan program "Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Cerita Bergambar Berbasis Digital bagi Guru PAUD Metal di Kabupaten Semarang" adalah untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan guru dalam menciptakan media pembelajaran digital yang inovatif. Program ini diharapkan dapat mengatasi rendahnya kemampuan guru dalam teknologi digital, yang menjadi hambatan dalam memberikan pendidikan yang kompeten.

Keberhasilan pelatihan ini akan terlihat dari implementasi keterampilan guru dalam membuat cerita bergambar digital, didukung oleh partisipasi 15 lembaga PAUD di Kabupaten Semarang. Luaran program diharapkan berupa peningkatan kualitas pendidikan dan potensi publikasi hasil penelitian, termasuk Hak Kekayaan Intelektual (HKI), yang berkontribusi positif dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital.

Referensi

Edwards, S. (2013). Digital play in the early years: A contextual response to the problem of integrating technologies and play-based pedagogies in the early childhood curriculum. European Early Childhood Education Research Journal, 21(2),199–212. doi.org/10.1080/1350293X.2013.789190.

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media. Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Tahun Ajaran 2021/2022

Khoiri Alfian Nur . (2019). Efek Penggunaan Gadget Bagi Anak-anak

Nikiforidou, Z. (2018). Digital Games in the Early Childhood Classroom: Theoretical and Practical Considerations. Digital Childhoods, 253–265. doi:10.1007/978-981-10-6484-5_16

Oblinger, D. (2004). The next generation of educational engagement. Journal of Interactive Media in Education, 8, 1–18. doi.org/10.5334/2004-8-oblinger.

Qalbi, Z., Merlina, S., Putera, R., Hidayati, I., & Daryat, M. (2020). Pengaruh permainan maze terhadap kemampuan bercerita di tk negeri 1 padang baru. 4(2), 287–294

Mariati, P., Kasiyun, S., Nafiah, N., Hartatik, S., & Alistiana, L. (2023). Pelatihan dan pendampingan pembuatan cerita bergambar berbasis digital bagi guru sekolah dasar. Indonesia Berdaya, 4(4), 1693-1700.

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Fauziah , S., Prahesti , S. I., & Sipayung, Y. R. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Cerita Bergambar Berbasis Digital Bagi Guru PAUD METAL di Kabupaten Semarang. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 27–31. Diambil dari https://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jfkp/article/view/500