Pendampingan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Deep Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar

Penulis

  • Lisa Virdinarti Putra Universitas Ngudi Waluyo
  • Hesti Yunitiara Rizqi

Kata Kunci:

deep learning, kompetensi pedagogik, modul ajar, pendampingan guru, sekolah dasar

Abstrak

Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut peningkatan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi pembelajaran modern. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman guru sekolah dasar terhadap integrasi teknologi dalam pembelajaran, dimana hanya 45% guru yang memiliki pemahaman memadai tentang penggunaan artificial intelligence dan deep learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan program pendampingan pembuatan modul ajar berbasis deep learning dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, menganalisis publikasi ilmiah dalam rentang waktu 2014-2024 dari berbagai database seperti Google Scholar, ERIC, Scopus, SINTA, dan Garuda. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis konten dengan pendekatan interpretatif, meliputi pengodean, kategorisasi, sintesis, dan interpretasi hasil.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis deep learning dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran hingga 75% dibandingkan metode konvensional, dengan peningkatan signifikan dalam aspek keterlibatan siswa (36.8%), kemampuan analitis (36.3%), dan kreativitas (37.6%). Program pendampingan yang dikembangkan mencapai tingkat keterlibatan guru 95.5% pada tahap orientasi dengan tingkat kepuasan rata-rata di atas 84%. Kesimpulannya, program pendampingan pembuatan modul ajar berbasis deep learning terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru hingga 65% dalam periode enam bulan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan platform pembelajaran digital terintegrasi, penguatan jaringan komunitas praktik, implementasi sistem sertifikasi kompetensi digital, dan pengembangan sistem mentoring terstruktur untuk keberlanjutan program.

Referensi

Abdurahman, A. (2024). Pendampingan Pelatihan Model Pembelajaran Pgsd Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA. 5(3), 5695–5703.

Ahmad, M. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pendampingan Dengan Pendekatan Kolaboratif Dalam Implementasi Kurikulum 2013. 3(1), 102–113.

Amriani, S. R. (2024). Pkm Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Berbasis Collaborative Learning Bagi Guru Taman. 02(02), 228–233.

Aulia, D., & Murni, I. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar ( PMM ). 8.

Dauh, D., Klod, P., Dauh, D., Klod, P., & Inggris, B. (2022). Available online at Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Inggris Bagi Guru Linguistic Community Services Journal │ 55 MAP TK. 3(2), 55–60.

Geletu, G. M., & Group, F. (2023). The effects of pedagogical mentoring and coaching on primary school teachers ’ professional development practices and students ’ learning engagements in classrooms in Oromia regional state : implications for professionalism. Education 3-13, 1–17. https://doi.org/10.1080/03004279.2023.2293209

Ho, H. C. Y., Poon, K., Ka, K., Chan, S., Cheung, S. K., Alfonso, J., Datu, D., Yeung, C., & Tse, A. (2023). Computers & Education Promoting preservice teachers ’ psychological and pedagogical competencies for online learning and teaching : The T . E . A . C . H . program. Computers & Education, 195(November 2022), 104725. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104725

Lesmana, S. B., & Santoso, C. S. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital Melalui Pengembangan Website Desa Di Desa Latsari , Mojowarno. 2(5), 122–130.

Marques, L. S., Wangenheim, C. G. V. O. N., & Hauck, J. C. R. (2020). Teaching Machine Learning in School : A Systematic Mapping of the State of the Art. 19(2), 283–321. https://doi.org/10.15388/infedu.2020.14

Megawati et al. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru. 1(2), 31–45.

Muttaqin, A. (2024). Dinamika Pendampingan Blk Komunitas: Mengurai Faktor Keberhasilan Dan Hambatan. 7(2).

Nur, M. (2025). Kemitraan Guru IPA : Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. 6(1), 57–62.

Pagarra, H., Bundu, P., Irfan, M., & Raihan, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes Dan Penugasan Online. 10, 260–265.

Ramadhan, R., Wahyudin, A. Y., Santosa, A., & Putri, C. A. (2026). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Mobile Bagi Guru Sman 5 Bandar Lampung. 4(2), 201–207.

Ramos, J. L., Cattaneo, A. A. P., Jong, F. P. C. M. De, & Gonçalo, R. (2022). Pedagogical models for the facilitation of teacher professional development via video-supported collaborative learning . A review of the state of the art. Journal of Research on Technology in Education, 54(5), 695–718. https://doi.org/10.1080/15391523.2021.1911720

Sari, U. P. (2024). Meningkatkan Aksesibilitas Pembelajaran Di Tengah Kendala Sumber Daya : Mengatasi Keterbatasan Buku Paket , Kurangnya Fasilitas Sekolah , Dan Akses. 8(7), 667–676.

Situmorang, M., & Medan, U. N. (2022). Implementation of Learning Innovations to Improve Teacher Competence in Professional Certificate Programs for In-Service Teachers Syamsul Gultom Abil Mansyur Syawal Gultom. 15(2), 675–696.

Situmorang, R., & Iriani, T. (2022). E-mentoring : Alternatif Peningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. 2(1), 217–228.

Sukirman. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru ( KKG ) dalam Peningkatan Kompetensi Guru. 4(1).

Surtini. (2024). Teachers’ Pedagogic Competence in Strengthening Character Education of Students in Elementary Schools : Exploring Effective Strategies. 11(3), 568–579.

Syarifuddin, S. P. (2022). Pendampingan Perancangan Modul Tentang pembelajaran PAI. 1(2), 44–47.

Tyas Deviana et al. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Matematika HOTS Beroerintasi Kearifan Lokal Daerah di Kelas IV Sekolah Dasar. 9(2), 158–172.

Yanti, M. Y. (2024). Kompetensi Profesional Guru Penggerak Dalam Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. 09, 1212–1221.

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Putra, L. V., & Hesti Yunitiara Rizqi. (2023). Pendampingan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Deep Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar . Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 55–64. Diambil dari https://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jfkp/article/view/517