Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 Pada Anak Usia Dini di TK Amzar Molinow Kota Kotamobagu
The Effectiveness of Health Education with Audio Visual Media on Knowledge Levels of Hand Washing with Soap as an Effort to Prevent Covid-19 in Early Childhood in Amzar Molinow Kindergarten Kotamobagu City
DOI:
https://doi.org/10.35473/jhhs.v4i2.120Keywords:
Pendidikan Kesehatan, Media Audio Visual, PengetahuanAbstract
The impact of Covid-19 on children can affect physical health. Data for the Covid-19 cluster in Kotamobagu City Regency as of September 2021, 14 positive cases in the 1-6 year age group. Oral education is still a lack of action causing a lack of student knowledge. An alternative way to overcome this problem is to conduct health education using audio-visual media. The purpose of the study was to find out how the effectiveness of health education with audio-visual media on the level of knowledge of hand washing with soap. Types of Quasy Experimental Research, One Group Design Pretest-Posttest. Total Sampling 22 respondents. questionnaire sheet 7 steps to wash hands with soap. Univariate analysis of knowledge before health education was carried out with audio-visual media in the category of lack of knowledge, 11 respondents with good knowledge, 3 respondents, after increasing the category of good knowledge, 13 respondents with poor knowledge, 4 respondents. Bivariate analysis Wilcoxon t-Test P = 0.000 kurang dari α 0.05, there is a significant effect on the effectiveness of health education with audio-visual media on the level of knowledge, so H0 is rejected, because the average value of respondents' knowledge before health education is 7.50 to 0 after conducting health education with audio-visual media on the level of knowledge of hand washing with soap. It is hoped that the school will implement health education with audio-visual media in schools in increasing students' knowledge to actively wash their hands with soap to avoid various diseases during the COVID-19 pandemic
ABSTRAK
Dampak Covid-19 terhadap anak dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Data gugus Covid-19 Kabupaten Kota Kotamobagu perSeptember 2021 14 kasus positif kelompok usia 1-6 tahun. Edukasi secara lisan masih kurangnya tindakan menyebabkan kurangnya pengetahuan siswa. Cara alternatif mengatasi permasalahan ini melakukan pendidikan kesehatan menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian mengetahui bagaimana efektifitas pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap tingkat pengetahuan cuci tangan pakai sabun. Jenis Penelitian Quasy Ekperimental , One Group Design Pretest-Posttest. Total Sampling 22 responden. lembar kuesioner 7 langkah cuci tangan pakai sabun. Analisa univariat pengetahuan sebelum dilakukan pendidikan kesehatan dengan media audio visual kategori pengetahuan kurang 11 responden pengetahuan baik 3 responden, setelah dilakukan meningkat kategori pengetahuan baik 13 responden pengetahuan kurang 4 responden. Analisa Bivariat uji Wilcoxon t-Test P=0,000 kurang dari α 0,05, terdapat pengaruh signifikan terhadap efektifitas pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap tingkat pengetahuan, sehingga H0 ditolak, Karena nilai rata-rata pengetahuan responden sebelum dilakukan pendidikan kesehatan yaitu 7.50 menjadi 0 sesudah dilakukan pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap tingkat pengetahuan cuci tangan pakai sabun. Diharapkan pihak sekolah menerapkan pendidikan kesehatan dengan media audio visual disekolah dalam meningkatkan pengetahuan siswa untuk aktif melakukan cuci tangan pakai sabun agar terhindar dari berbagai penyakit dimasa pandemi covid-19.
Downloads
References
Afriyani, L. D., & Salafas, E. (2019). Efektivitas Media Promosi Kesehatan ASI Perah terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Bekerja untuk Memberikan ASI Eksklusif. Jurnal Siklus, 8(1), 60-66. Universitas Ngudi Waluyo. https://core.ac.uk/download/pdf/268056748.pdf
Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu. (2021). Profil Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu.
Johan, H., Reni, D. P., & Noorbaya, S. (2018). Pengaruh Penyuluhan Media Audio Visual Video Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas III Di SDN 027 Samarinda. Husa(Johan et al., 2018)da Mahakam: Jurnal Kesehatan, 8(1), 352-360. Diakses dari http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/138
Kemenkes. (2020). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja di Masa Pandemi Covid-1. Penerbit: Jakarta https://kesga.kemkes.go.id/assets/file/pedoman/Pedoman%20Pelayanan%20Kesehatan%20Usia%20Sekolah%20dan%20Remaja%20di%20Masa%20Pandemi%20Covid%2019.pdf
Kemenkes RI. Panduan Cuci Tangan Pakai Sabun.
Diakses dari https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Panduan_CTPS2020_1636.pdf
Kemenkes RI.(2021). Intervensi Perubahan Perilaku Untuk Penguatan Cuci Tangan Pakai Sabun Di Indonesia. Diakses dari https://www.unicef.org/indonesia/media/11536/file/Intervensi%20Perubahan%20Perilaku%20untuk%20Penguatan%20Cuci%20Tangan%20Pakai%20Sabun%20di%20Indonesia.pdf
Litawati. D & Pakpahan, J.P. (2021). Tata Kelola Manajemen Keperawatan Klinis Era Covid-19. Penerbit : Gava Media. Yogyakarta.
Novitasarii, N. (2021). Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa Era New Normal Di Paud Plus Darussalam Bojonegoro. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 39-50. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/download/191/127
Nurak, C. E., Setiono, K. W., & Koamesah, S. M. J. (2021). EFEKTIVITAS Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Pemakaian Masker Kain Dalam Pencegahan Covid-19 Pada Mahasiswa Baru Universitas Nusa Cendana. Cendana Medical Journal (CMJ), 9(1), 30-37. Diakses dari http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/CMJ/article/view/4932
Nuriyatul, F. J. (2021). Metode Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pemikiran Ki Hajar Dewantara (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto). Diakses dari http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9449
Pakpahan, M., Siregar, D., Susilawaty, A., Tasnim, T., Ramdany, R., Manurung, E. I., & Maisyarah, M. (2021). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Yayasan Kita Menulis. Diakses dari
Pratiwi, A. W. E., Afriyani, L. D., & Zulkarnain, A. (2019). Perbedaan Efektivitas Pendidikan Kesehatan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Dengan Menggunakan Media Leaflet Dan Media Audio Visual Pada Remaja Putri DI SMK Nu Ungaran. Journal of Holistics and Health Science, 1(1), 1-10 Universitas Ngudi Waluyo. Diakses dari http://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jhhs/article/view/6
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin : Penerbit IAIN Antasari Press. Diakses dari http://idr.uin-antasari.ac.id/10306/1/BUKU%20UTUH%20MEDIA%20DAN%20TEKNOLOGI%20PEMBELAJAR-M.RAMLI.pdf
Sanifah, L. J. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Keluarga Tentang Perawatan Actitivies Daily Living (ADL) Pada Lansia Di Dusun Candimulyo, Desa Candimulyo, Kecematan Jombang Kabupaten Jombang. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Media. Diakses dari https://docplayer.info/141250058-Skripsi-hubungan-tingkat-pengetahuan- dengan-sikap-keluarga-tentang-perawatan-activities-daily-living-adl-pada- lansia.html
Sari, Y. N. (2016). Perbedaan Perilaku Siswa SD tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Kesehatan dengan Metode Ceramah dan Demonstrasi serta Metode Ceramah dan Audio Visual di Kecamatan Langsa Kota Tahun 2016. Universitas Sumatera Utara. Diakses dari http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/745
Sari, W. dan Setiadi T. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Tingkat Kepatuhan Cuci Tangan Pada Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Halim Kecamatan Makasar Tahun 2018. Universita Esa Unggul. Diakses dari https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/IJNHS/article/view/2884
Setiawati, P., Setyawati, E., & Palin, Y. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Ibu Nifas Di Rs Dr. R. Hardjanto Balikpapan Tahun 2020. Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur. Diakses dari http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/1030
Widyawati, (2020). Buku Ajar Pendidikan dan Promosi Kesehatan. Medan : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan BINALITA SUDAMA MEDAN. Diakses dari http://perpustakaan.bsm.ac.id/assets/files/buku_ajar_pendidikan_dan_promosi_ kesehatan_buk_widya.pdf
Wulandari, H. (2011). Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Usia Dini Di TK Aba Tegalsari Yogyakarta (Doctoral dissertation, Tesis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogjakarta. Diperoleh dari http://digilib. uin-suka. ac. id/6824/1/BAB% 20I, V. pdf). UIN https://www.academia.edu/download/52318580/BAB_I_V.pdf