Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Pra Sekolah

The Relationship between Parenting Style and Independence Preschool Children

Authors

  • Nurul Masitoh Universitas Ngudi Waluyo
  • Fiki Wijayanti Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jhhs.v5i1.211

Abstract

Pre-school aged children are children with an age range of 3-6 years, where at that age the child's independence is still in a period of development. The development of independence is generally related to the child's ability to do something alone. Parenting style is one of the factors that influence children's independence. Parents' parenting style will shape the child's character which will later become a milestone in the child's life. The purpose of this study was to determine the relationship between parenting style and independence of pre-school children. This type of research is descriptive correlative with a cross sectional approach. Sampling using simple random sampling technique with a total sample of 90 respondents. The instrument used in this research is a questionnaire. The statistical test used is the chi square test. With p value = 0.003. The results of the research on parenting patterns of independent pre-school children aged 5-6 years in Pertiwi Kindergarten and Putra Bhakti Kindergarten show that most of the children's independence levels are in the moderate category of independence (56.1%) with democratic parenting (37.8%) ) authoritarian (31.1%) and permissive (31.1%). The results of the chi squere analysis obtained a p value of 0.003 <α 0.05, meaning that there is a relationship between parenting style and the independence of pre-school children aged 5-6 years. From the results of this study it can be concluded that there is a significant relationship between parenting styles and the independence of pre-school children aged 5-6 years.

ABSTRAK

Anak usia pra sekolah mempunyai rentang usia 3-6 tahun, dimana pada usia anak tersebut kemandirian anak masih dalam masa perkembangan. Perkembangan kemandirian umumnya berkaitan dengan kemampuan anak dalam melakukan sesuatu sendirian. Pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian anak. Pola asuh orang tua akan membentuk karakter anak yang nantinya akan menjadi tonggak kehidupan anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak pra sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi square . Dengan  p value= 0,003. Hasil penelitian hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak pra sekolah di TK Pertiwi dan TK Putra Bhakti diketahui bahwa sebagian besar tingkat kemandirian anak merupakan kategori kemandirian sedang (56,1%) dengan pola asuh demoktaris (37,8%) otoriter (31,1%) dan permisif (31,1%). Hasil analisa chi squere didapatkan p value 0,003 < α 0,05 artinya ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak pra sekolah usia 5-6 tahun. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak pra sekolah usia 5-6 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Tabi’in. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. Kindergarten : Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30–43.
Anisah. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70–84.
Asnida, Z. O., & Madantia, A. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 1(1), 063–068. https://doi.org/10.26699/jnk.v1i1.art.p063-068
Dewi, A. R., Murtini, & Pratiwi, K. (2015). Pola Asuh Orangtua dengan Kemandirian Anak. Jurnal Ilmu Kebidanan, III(0274), 105–112.
Ismirian, V. F., Trisnasari, A., & Kartikasari, Endang, D. (2017). Pada Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun Di Tk Al-Islah Ungaran Barat. Jurnal.Unimus.Ac.Id, 172–176. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2290
Izzaty, R. E. (2017). Perilaku Anak Prasekolah. Gramedia.
Jojon, D. (2017). Hubungan pola asuh over protective orang tua terhadap perkembangan anak usia sekolah di SDN Tlogomas 1 kecamatan Lowokwaru Malang. Nursing News, 2(2), 524–535.
Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak ARTICLE INFO ABSTRACT. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90.
Norfai. (2019).Statistika Non-parametrik untuk Bidang Kesehatan (Teoritis, sistematis dan aplikatif).Penerbit Lakeisha.
Nasution, R. A. (2017). Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal Raudhah, 05(02), 11. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/179/166
Notoatmodjo. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Nuryatmawati, ‘Azizah Muthi,’ & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2599-042X), 81–92.
pratiwi, destina. (2019). hubungan pola asuh orag tua dengan tingkat kemandirian secara fisik pada anak usia 4-6 tahun. 1–9.
Rivva, A., & Galia, A. W. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Prasekolah di TK Muslimat Maslichah Jati Kulon. 8(1), 24–34.
Robinson, C. C., Mandleco, B., Olsen, S. F., & Hart, C. H. (2001). Authoritative, Authoritarian, and Permissive Parenting Practices: Development of a New Measure. Psychological Reports, 77(3), 819–830. https://doi.org/10.2466/pr0.1995.77.3.819
Rochwidowati, N. S., & Widyana, R. (2017). Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Dengan Pemberian Pengukuh Positif. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(1), 49. https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i1.348
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
salina eva, thamrin M, S. (2014). Faktor-Faktor Penyebab Anak Menjadi Tidak Mandiri Pada Usia 5-6 Tahun Di Raudatul Athfal Babussalam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(6), 1–10.
Silpasari, S., & Ismaniar, I. (2020). Hubungan Pola Asuh Otoriter dengan Kemandirian Anak Usia Dini di Jorong Atas Mesjid Bukit Sileh Kabupaten Solok. SELING: Jurnal Program Studi …, 6(1), 41–51. https://doi.org/http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/579/489
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sunarty, K. (2015a). Implementasi Model Pola Asuh Orangtua. Journla of Educational Science and Technology, 1, 39–53.
Sunarty, K. (2015b). Pola asuh orang tua dan kemandirian anak (A. Mahmud (ed.)). edukasi mitra grafika.
Surahman, Mochamad Rahmat, S. S. (2016). Metodologi Penelitian (Nursuci Leo Saputri (ed.)). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (konsep & teori) (suryani (ed.); edisi pert). Bumi Aksara.
Syaiful, Y., Fatmawat, L., & Nafisah, W. M. (2020). Faktor yang berhubungan dengan kemandirian anak usia pra sekolah. Journal of Ners Community, 11(November), 216–227.
Ulya, matul, Ratna Meikawati, P., & Andanawarih, P. (2020). Implementasi Kemandirian Anak Usia 3-5 tahun di TK Islam Kauman Kota Pekalongan. Jurnal ABDIMAS-HIP, 1(1), 1–5. http://akbidhipekalongan.ac.id/e-journal/index.php/abdimaship/article/view/75
Umboh, R. M. A., & Bataha, Y. B. (2018). e-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 6 Nomor 1, Februari 2018 hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia prasekolah di TK Negeri Pembina Manado. 6, 1–8.
Wulandari, I. D. T. (2019). Klasifikasi Tipe Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Teori Baumrind Menggunakan Metode Naive Bayes [Universitas Muhammadiyah Gresik]. http://eprints.umg.ac.id/2581/

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Masitoh, N., & Wijayanti, F. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Pra Sekolah: The Relationship between Parenting Style and Independence Preschool Children. Journal of Holistics and Health Sciences, 5(1), 36–44. https://doi.org/10.35473/jhhs.v5i1.211