Dukungan Orang Tua dengan Interaksi Sosial pada Anak Retardasi Mental

Parental Support with Social Interaction in Mentally Retarded Children

Authors

  • Maura Fachriza Asral Universitas Ngudi Waluyo
  • Fiki Wijayanti Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jhhs.v6i1.400

Abstract

Parental support is important for the child's development process. Children with mental retardation really need parental support in terms of emotional support, instrumental, appreciation and informational support in helping children with mental retardation to interact socially with their environment. This study aims to determine the relationship between parental support and social interaction in mentally retarded children at SLB N Ungaran. This study used quantitative methods with a correlative research design using a crossectional approach. Samples were taken with total sampling technique with a total of 44 respondents. Data analysis in this study used kendall's tau b test. The results of research on 44 respondents Parental support obtained by 38 respondents (86.4%) good support and good social interaction with 36 respondents (81.8%) with p value (0.001) <0.05. This study has a correlation coefficient value of 0.509 which means that this study has a moderate relationship and leads to a positive relationship. Parental support obtained by 38 respondents (86.4%) good support and good social interaction with 36 respondents (81.8%). There is a relationship between parental support and social interaction of children with mental retardation in SLB N Ungaran. With this research, it is hoped that good parental support can be maintained or improved so that the social interaction of children with mental retardation is getting better

ABSTRAK

Dukungan Orang tua penting bagi proses perkembangan anak. Anak dengan retardasi mental sangat membutuhkan dukungan orang tua dari segi dukungan emosional, instrumental, penghargaan dan dukungan informasional dalam membantu anak dengan retardasi mental untuk berinteraksi sosial dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan interaksi sosial pada anak retardasi mental di SLB N Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelatif  menggunakan pendekatan crossectional. Sampel diambil dengan tehnik total sampling dengan total 44 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kendall’s tau b. Hasil penelitian pada 44 responden didapatkan dukungan orang tua sebesar 38 responden (86,4%) dukungan baik dan interaksi sosial baik dengan 36 responden (81,8%) dengan p value (0,001) < 0,05. Penelitian ini memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,509 yang memiliki makna bahwa penelitian ini memiliki hubungan cukup dan mengarah pada hubungan positif. Ada hubungan antara dukungan orang tua dengan interaksi sosial anak dengan retardasi mental di SLB N Ungaran. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dukungan orang tua yang baik mampu dipertahankan atau ditingkatkan agar interaksi sosial anak dengan retardasi mental semakin baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. I., Chandra, T. K., Setyowati, R. A., & Isnaeni, F. (2021). Interelasi kecerdasan sosial dengan interaksi sosial mahasiswa luar Jawa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 598–604. https://doi.org/10.17977/um063v1i5p598-60

Bhakti, & Adiya, C. (2005). Susunan Pidana dalam Negara Sosialis Indonesia. 16(4), 99–201.

Budiarti, M., Wibhawa, B., & Ishartono. (2018). Penerimaan orang tua terhadap anak. Share Social Work Juornal, 8, 6–8. https://doi.org/10.24198/share.v8i1.16111

Budiati, Y. M., & Muhadi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Lintas Minat) Di Sma Negeri 1 Kalasan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akutansi, 15(2), 27–36.

Derung, T. N. (2017). Interaksionisme simbolik dalam kehidupan bermasyarakat. Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 2, 118–131. https://e-journal.stp-ipi.ac.id/index.php/sapa/article/view/33

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. (2023). 4 Tahapan Perkembangan Kognitif Si Kecil dalam Teori Piaget. Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. https://dinkes.sultengprov.go.id/4-tahapan-perkembangan-kognitif-si-kecil-dalam-teori-piaget/

Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. (2023). Rekap Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Provinsi Jawa Tengah, 2021. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. https://jateng.bps.go.id/statictable/2022/03/22/2607/rekap-data-penyandang-masalah-kesejahteraan-sosial-pmks-provinsi-jawa-tengah-2021.html

Fahmi, I. A. (2016). Dukungan sosial orang tua dalam meningkatkan interaksi sosial anak disleksia di sd pantara. Repository Uin Jkt. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/66366/1/imam akmal fahmi - fdk.pdf

Hayana. (2023). Pentingnya Social Support Orang Tua bagi Pendidikan Anak. Iain Parepare. https://www.iainpare.ac.id/en/blog/opinion-5/pentingnya-social-support-orang-tua-bagi-pendidikan-anak-2170

Kemenkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2014 Tentang Upaya Kesehatan Anak. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Lengkana, A. S., Suherman, A., Nugraha, R. G., Saptani, E., & Indonesia, U. P. (2020). Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Esteem ( Penelitian Terhadap Tim Kabupaten Sumedang di Ajang O2SN Jawa Barat). 5(X), 1–12.

Mayangsari, M. D., & Astarani, K. (2013). Dukungan Keluarga Meningkatkan Interaksi Sosial Anak dengan Retardasi Mental Sedang. Jurnal STIKES RS Baptis Kediri, 6. https://jurnal.stikesbaptis.ac.id/index.php/STIKES/article/view/206

Meiandari, G. A. R. U. (2020a). Hubungan dukungan keluarga terhadap keberhasilan pemberian asi ekslusif pada ibu menyusui di desa pohsanten kecamatan mendoyo kabupaten jembrana. Repository poltekkes denpasar, 19–21. http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/6338/1/COVER %2B Halaman Depan.pdf

Meitasari, R. (2014). Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Repository UMP, 7–30. https://repository.ump.ac.id/3524/3/BAB II_RIZKI MEITASARI_PGPAUD%2712.pdf

Nasrudin, F. (2023). Teori Perkembangan Anak menurut Para Ahli: Erikson hingga Piaget. Tirto.Id. https://tirto.id/teori-perkembangan-anak-menurut-para-ahli-erikson-hingga-piaget-gMHB

Nasution, E. S. (2020). Gambaran Anak Dengan Retardasi Mental. 9.

Nurlatifah, I., & Andini, R. (2022). Pengembangan kemampuan interaksi sosial dengan teman sebaya anak usia dini melalui konseling transactional analysis. 8(1), 10–14.

Oktarina, N. D., Wijayanti, F., & Handayani, W. N. (2023). Analisis Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Retardasi Mental. 8(1), 55–59.

Parika, N. (2023). Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Pilihan Karir Remaja Desa Rantau Binuang Sakti Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Repository UIN Sultan Syarif Kasim, 11840221330.

Perwitasari, D. (2023). Cegah Retardasi Mental dan Stunting, Kementerian Kesehatan Mewajibkan Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) di Seluruh Fasyankes di Indonesia. Kemenkes. https://ayosehat.kemkes.go.id/cegah-retardasi-mental-dan-stunting-kementerian-kesehatan-mewajibkan-skrining-hipotiroid-kongenital-shk-di-seluruh-fasyankes-di-indonesia

Retno Twistiandayani, K. U. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Pada Anak Autis. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat UNISBA, 23–30. https://proceeding.unisba.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/993

Ridho, A. (2018). Orang Tua adalah Dokter Pertama bagi Anak-Anaknya. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/berita/baca/15103/Orang-Tua-adalah-Dokter-Pertama-bagi-Anak-Anaknya.html

Sidik, J. (2014). Gambaran dukungan keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus di sekolah khusus kota tangerang selatan. Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Suwandi, C., & Novitasari, W. (2020a). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Retardasi Mental Kelas 1-6 Disdlb-C Shanti Kosala Mas Trip Begadung Nganjuk. Jurnal Sabhanga, 2, 66–74. https://doi.org/10.53835

Ulfa, M. (2021). Teori Belajar Sosial Menurut Vygotsky & Zona Perkembangan Proksimal. Tirto.Id. https://tirto.id/teori-belajar-sosial-menurut-vygotsky-zona-perkembangan-proksimal-gjal

Wulandari, R. (2013). tehnik mengajar siswa dengan gangguan bicara. Perpustakaan polkestama kampus tamansari. http://opac.poltekkestasikmalaya.ac.id/perpustamansari/index.php?p=show_detail&id=800&keywords=

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Maura Fachriza Asral, & Fiki Wijayanti. (2024). Dukungan Orang Tua dengan Interaksi Sosial pada Anak Retardasi Mental : Parental Support with Social Interaction in Mentally Retarded Children. Journal of Holistics and Health Sciences, 6(1), 103–111. https://doi.org/10.35473/jhhs.v6i1.400