Pengetahuan Orang Tua Tentang Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) terhadap Balita di Desa Gogik
Parental Knowledge About Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) in Toddlers in Gogik Village
DOI:
https://doi.org/10.35473/jhhs.v6i2.489Abstract
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) is an abnormal behavioral disorder that can occur in children characterized by excessive activity or what we usually call hyperactivity. Apart from excessive activity, children with ADHD will tend to have low concentration. To find out the description of parents' knowledge about Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) among toddlers in Gogik Village. This research uses quantitative descriptive methods. The population and sample in this study were parents of toddlers aged 1-5 years at posyandu roses in Gogik Village, West Ungaran District, totaling 41 respondents. The data collection tool in this research used a questionnaire. Univariate analysis showed that the level of knowledge of parents at posyandu rose 1 in Gogik Village had insufficient knowledge, namely 41 (19%) respondents. Most of the knowledge of parents of toddlers is in the poor knowledge category, namely 19 people (46.3%). It is hoped that parents will increase information about Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) through health people, social media, and via the internet. So you can find out if your child has ADHD and can do further treatment.
ABSTRAK
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan perilaku tidak ormal yang bisa terjadi pada anak ditandai dengan aktivitas yang berlebih atau biasa kita sebut hiperaktif, selain aktivitas yang berlebih anak dengan ADHD akan cenderung memiliki konsentrasi yang rendah. Untuk mengetahui gambaran pengetahuan orang tua tentang Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) terhadap balita di Desa Gogik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah orang tua balita umur 1-5 tahun di posyandu mawar Desa Gogik Kecamatan Ungaran Barat sebanyak 41 responden. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa univariat menunjukkan tingkat pengetahuan orang tua di posyandu mawar 1 di Desa Gogik memiliki pengetahuan yang kurang yaitu 41 (19%) responden. Sebagian besar pengetahuan orang tua balita dalam kategori pengetahuan kurang yaitu sebanyak 19 orang (46,3%). Diharapkan orang tua untuk lebih meningkatkan informasi tentang Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) melalui orang kesehatan, media sosial, dan bisa melalui internet. Sehingga dapat mengetahui anaknya bila mengalami ADHD dan dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.
Downloads
References
Adiputra, I.M.S., Trisnadewi, N.W.T. and Parlin, G.A.K.U. (2018) ‘Gambaran Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Adhd Di Paud Kecamatan Denpasar Utara’, Bali Medika Jurnal, 5(1), pp. 8–20. Available at: https://doi.org/10.36376/bmj.v5i1.15.
Awiria & Dariyanto. (2020). Faktor-faktor penyebab anak menjadi attention defict hyperactive disorder di SDN Teluk Pucung 01 Kota Bekasi. Wacana Akademika; Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(2), 141–147. Available at: http://repository.ubharajaya.ac.id/10356/1/PUBLISH%20ADHD%20WITH%20AWI%20NOVEMBER%202023.pdf
Esalini, I.A.P.L.E. and Lesmana, C.B.J. (2019) ‘Tingkat Kemandirian Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder Dengan Terapi Perilaku Di Yayasan Mentari Fajar Jimbaran Badung’, E-Jurnal Medika Udayana, 8(5), p. 2. Available at: https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/50076/29813.
Fadila, P. N., . I., & Ratnawati, D. E. (2016). Identifikasi Jenis Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Pada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Neighbor Weighted K-Nearest Neighbor (NWKNN). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 193. Available at: https://doi.org/10.25126/jtiik.201633195
Hayati, D. L., & Apsari, N. C. (2019). Pelayanan Khusus Bagi Anak dengan Attentions Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) di Sekolah Inklusif. Prosiding Penelitian & Pengabdian Mayarakat, 6(1), 108–122. Available at: https://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/diksi/article/view/361
Kartrina Silitonga, Rosian Uli Sibagariang, Emmi Silvia Herlina (2023) ‘Pola Asuh Orang Tua Dalam Penanganan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(3), pp. 11345–11356. Available at: https://publisherqu.com/index.php/pediaqu.
Kewley, Geoff dan Latham, Pauline.2010. 100 Ide Membimbing Anak ADHD. Jakarta. Erlangga Group.
Rafael, L. G., dkk. (2023). Anak berkebutuhan khusus autistic spectrum disorder, attention deficit hyperactivity disorder. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 1(2). Available at: https://e-journal.my.id/onoma/article/view/1923
Yunia, D. P., & Wisda, M. U. (2020). Studi kepustakaan siswa hiperaktif dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal DIDIKA Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2). Available at: https://jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/TEM/article/view/1403/1372
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Holistics and Health Sciences
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.