SOSIALISASI PHBS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA WRINGINPUTIH SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN PENTINGNYA KESEHATAN SEJAK DINI

SOCIALIZATION OF PHBS TO ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN WRINGINPUTIH VILLAGE AS AN EFFORT TO INSTILL THE IMPORTANCE OF HEALTH FROM AN EARLY AGE

Authors

Keywords:

perilaku hidup bersih, sosialisasi, kesehatan, anak usia dini

Abstract

Salah satu bentuk upaya untuk mengurangi permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat salah satunya adalah dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan dan kesehatan. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai bentuk upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit atau masalah kesehatan dan menjadi salah satu upaya promotive untuk peningkatan derajat kesehatan pada seseorang. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat perlu diterapkan sejak usia dini dalam kehidupan sehari-hari guna menciptakan dan mencapai kehidupan yang sehat. Membiasakan hidup bersih dan sehat dengan memulai dengan hal-hal kecil seperti mencuci tangan, menggosok gigi, dan memilah sampah sesuai jenisnya. Kegiatan ini dilakukan berupa sosialisasi atau penyampaian materi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang PHBS berupa tatacara mencuci tangan yang baik dan benar, cara menggosok gigi yang baik dan benar, serta pemilahan sampah sesuai dengan jenisnya yang dilakukan kepada anak usia sekolah dasar yang berada di wilayah Desa Wringinputih. Metode kegiatan dilakukan dengan sosialisasi atau penyampaian materi, pen-demonstrasian dan tanya jawab secara interaktif. Hasil yang didapatkan dari kegiatan sosialisasi ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman anak usia sekolah dasar terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ulfatul Azizah Awaliyyah, Universitas Negeri Semarang

Prodi Ilmu Keolahragaan

Fakultas Ilmu Keolahragaan

Universitas Negeri Semarang

References

Adriansyah, A. A., & Firdausi, N. J. 2017. Implementasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dalam Membangun Gaya Hidup Sehat Sejak Dini Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lengkong 1, Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Journal Unusa. Vol. 1 No. 2, 87–95.

Ariani, R., & Riza, F. V. 2019. Peningkatan Derajat Kesehatan Melalui Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan. Vol. 1 No. 1, 319–322.

Farhaini, A., Puspitasari, C. E., & Ridwan, S. 2022. Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Tingkat Remaja Di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. Vol. 5 No. 4. 274–277.

Fida Fitriani, U., Gebilya Tiboyong, W., Ardhani, D., Naufal, A., Agustina, N., & Maulana Fahrudin, T. 2022. Sosialisasi Dan Penerapan Perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sebagai Upaya Penurunan Angka Stunting di Sekolah Dasar Desa Kunjorowesi. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1 No. 2, 1–8.

Hadiyanto, H. 2017. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Tatanan Keluarga Di Posdaya Al-Fadillah. Surya : Jurnal Seri Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2 No. 1. 89–92.

Handayani, R., Novaryatiin, S., & Ardhany, S. D. 2016. Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak-Anak Tingkat Sekolah Dasar di Desa Tabore Kecamatan Mentangai Kalimantan Tengah. Jurnal Surya Medika. Vol. 2 No. 1. 8–13.

Harvianto, Y., Wisman, Y., & Dony, G. W. 2023. Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota Palangka Raya Pada Masa New Normal. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. Vol. 6 No. 1. 6–9.

Julianti, R., Nasirun, M., & Wembrayarli. 2018. Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 2 No. 2. 11–17.

Rusman, A. A., Paryati, S. P. Y., Handayani, D. R., Ambarukmi, F., Indriyana, S. Q., Triningtyas, A. Y., Taufan, A., Saadah, H., Kristiana, R., Roslaeni, R., Fahruzi, O., Pratiwi, S. T., Jufri, H., Sabirin, I. P. R., Fadilah, R. P. N., & Nawawi, A. P. 2018. Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Kepada Siswa Sekolah Dasar dan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Masyarakat di Kota Cimahi. Seminar Nasional Hasil PKM LPM Universitas Pasundan, Desember, 39–55.

Suprapto, S., & Arda, D. 2021. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Wilayah Kerja Puskesmas Barombong. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas. Vol. 1 No. 2. 77–87.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Awaliyyah, U. A., Zulfa, R., Maharani, D. A. P., & Yuwono, C. (2023). SOSIALISASI PHBS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA WRINGINPUTIH SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN PENTINGNYA KESEHATAN SEJAK DINI : SOCIALIZATION OF PHBS TO ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN WRINGINPUTIH VILLAGE AS AN EFFORT TO INSTILL THE IMPORTANCE OF HEALTH FROM AN EARLY AGE . Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia (Indonesian Journal of Independent Community Empowerment), 6(1), 1–6. Retrieved from https://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jpmmi/article/view/421

Most read articles by the same author(s)