DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DESA WISATA NGIDAM MUNCAR KABUPATEN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/jpmmi.v6i2.443Abstract
Dengan adanya perkembangan media digital saat ini menjadi potensi yang besar bagi wisata di Desa Muncar untuk melakukan pemasaran promosi kepada wisatawan, hal ini dapat dilaksanakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Muncar dengan melakukan salah satu bauran pemasaran yaitu promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengedukasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Muncar dalam memanfaatkan digital marketing sebagai strategi pemasaran di desanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan pelatihan. Hasil penelitian dari digital marketing sebagai strategi pemasaran wisata desa yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Muncar yaitu dengan pelatihan konten kreator dan pengelolaan sosial media, melakukan iklan digital dan pengajuan kerjasama secara digital.
Downloads
References
Arjaya, K. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Desa Wisata Kubu Bakas Klungkung. Journal of Applied Management Studies, 4(2), 136-146.
Astuti, M., & Nurdin, R. (2022). Pendampingan digital marketing untuk pengembangan desa wisata menggunakan media sosial di dusun Turunan Girisuko Panggang Gunungkidul. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 59–66. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.1041
Dita Nurmadewi. (2023). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Desa Wisata Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 385-392. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.144
Fatmawati, I., & Sulistyo, A. (2022). Peningkatan Daya Saing Objek Wisata Berbasis Masyarakat melalui Strategi Digital Marketing. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 383-391.
Herningtyas, R., & Wirasenjaya, A. M. (2019). Pengembangan digital marketing desa wisata di dusun lopati kelurahan trimurti kabupaten bantul yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.
Japarrudin, M., Suryo, H., & Siswanta. (n.d.). PROMOSI WISATA DESA MUNCAR KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG Oleh : (Mukhamad Japarrudin,
Nurmadewi, D. (2023, May). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Desa Wisata Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 2, pp. 385-392).
Raharjana, D. T., & Putra, H. S. A. (2020). Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(2), 140. https://doi.org/10.22146/jnp.60403
Rahmawati, K., & Novaria, R. (2019). Peran Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) dalam Pengelolaan Objek Wisata Waduk Grobogan. 1–12.
Sianipar, C. I., & Liyushiana, L. (2019). Pemasaran Pariwisata Digital Oleh Pemerintah Kota Sabang. Jurnal Darma Agung, 27(3), 1135. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v27i3.374
Nurmansyah, A. (2014). Potensi Pariwisata Dalam Perekonomian Indonesia Agung Nurmansyah 1 1. III(1), 44–61.
Putra, G. S., Darna, N., & Setiawan, I. (2019). Analisis Strategi Bauran Pemasaran 4P (Suatu Studi Pada CV. Sportwear Di Kota Bandung. Unigal Repository.
Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata Di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 1. https://doi.org/10.22146/jnp.52178
Tirtayasa, A. (n.d.). PENGENALAN DAN PEMANFAATAN MARKETPLACE ECOMMERCE.
Wahyuni, N., Irman, A., Mutaqin, S., Gunawan, A., Teknik, F., Industri, J. T., Sultan, U., &
Yanti, D. (2020). Pengaruh digital marketing terhadap peningkatan kunjungan wisata di Danau Toba. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(1), 16-26.