Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video Animasi Tentang Persiapan Persalinan terhadap Fear of Childbirth (Foc) pada Ibu Hamil
The Effect of Health Education with Animated Video Media About Childbirth Preparation on Fear of Childbirth (FOC) in Pregnant Women
DOI:
https://doi.org/10.35473/jhhs.v6i1.380Abstract
Fear of pregnant women when facing childbirth is an emotional response that is often experienced by many women when entering the preparation phase for giving birth. This of course makes it very possible for couples to feel afraid and worried, especially for pregnant women who are going through this period. Fear of facing childbirth during pregnancy generally occurs in pregnant women. This can be overcome by providing health education. The aim of the research was to determine the effect of health education using animated video media about childbirth preparation on fear of childbirth (FOC) in pregnant women in the Lerep health center working area. The research design uses a Quasi Experimental nonequivalent with control group design. By using the Independent T-Test. The population of this study were all pregnant women in the Lerep health center working area, totaling 26 pregnant women. The research sample was determined by purposive sampling with respondents who met the criteria totaling 34 subjects. there is a significant influence on Health Education regarding fear of childbirth in pregnant women with a calculated t value (5.913) > t table (2.145) and a p value (0.00) < α (0.05) so it can be concluded that there is an influence of health education with video media on fear of childbirth (FOC) in pregnant women in the Lerep health center working area. The results of this research can add information for pregnant women in preparing for childbirth through health education using video media so that they can increase knowledge and positive attitudes in facing the fear of childbirth.
ABSTRAK
Ketakutan pada ibu hamil pada saat menghadapi persalinan adalah respon emosional yang seringkali dialami oleh banyak wanita saat memasuki fase persiapan untuk melahirkan. Hal tersebut tentunya sangat memungkinkan timbul rasa ketakutan dan kekhawatiran bagi pasangan terutama bagi ibu hamil yang tengah menjalani masa ini. ketakutan karena menghadapi persalinan dalam masa kehamilan umumnya sering terjadi pada ibu hamil. Hal tersebut dapat diatasi dengan pemberian pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video animasi tentang persiapan persalinan terhadap fear of childbirth (FOC) pada ibu hamil di wilayah kerja puskesmas lerep. Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimental nonequivalent with control group desain. Dengan menggunakan uji Independent T-Test. Populasi penelitian ini seluruh ibu hamil di wilayah kerja puskesmas lerep yang berjumlah 226 ibu hamil. Sampel penelitian ditentukan dengan purposive sampling dengan responden yang memenuhi kriteria sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 34 subjek. Ada pengaruh yang signifikan pada Pendidikan Kesehatan tentang fear of childbirth pada ibu hamil dengan nilai t hitung (5.913) > t tabel (2.145) dan nilai p value (0,00) < α (0,05) maka dapat disimpulkan ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video terhadap fear of childbirth (FOC) pada ibu hamil di wilayah kerja puskesmas lerep. Hasil penelitian ini dapat menambah informasi bagi ibu hamil dalam persiapan menghadapi persalinan melalui pendidikan kesehatan dengan media video sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap positif dalam menghadapi fear of childbirth.
Downloads
References
(Ramadani & Sudarmiati, 2013). (2000). pengetahuan dimasa persalinan Di Masa Kehamilan2013). 43, 43.
Astuti, Y. L., & Kao, C.-H. (2022). Penerjemahan dan validasi instrumen takut melahirkan ke dalam bahasa indonesia: W-DEQ Versi A. Journal Of Midwifery Science and Women’s Health, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.36082/jmswh.v3i1.814
Bobak. (2017). Buku Ajar Keperawatan Maternitas.
Chan, C. Y., Lee, A. M., Lam, S. K., Lee, C. P., Leung, K. Y., Koh, Y. W., & Tang, C. S. K. (2013). Antenatal anxiety in the first trimester: Risk factors and effects on anxiety and depression in the third trimester and 6-week postpartum. Open Journal of Psychiatry, 03(03), 301–310. https://doi.org/10.4236/ojpsych.2013.33030
Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408
Kemenkes RI. (2020). Kementerian Kesehatan RI, 2014. In Health Statistics.
Notoatmodjo Soekidjo. (2010). Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasinya. Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasinya, 50.
Novitasari, T. (2013). Keefektifan konseling kelompok pra-persalinan untuk menurunkan tingkat kecemasan primigravida menghadapi persalinan. Developmental and Clinical Psychology, 2(2), 62–70.
Riski, E. N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil.
Soekidjo Notoatmodjo. (2018). Metodologi penelitian kesehatan.
Striebich, S., Mattern, E. and, & Ayerle, G. M. (2018). Support for pregnant women identified with fear of childbirth (FOC)/tokophobia – A systematic review of approaches and interventions. Midwifery, 61, 97–115. https://doi.org/10.1016/j.midw.2018.02.013
Sulistyawati, A., Marwati, F., & Putri, S. (2022). Pengaruh Edukasi Prapersalinan Terhadap Kecemasan Ibu. Jurnal Mitra : Jurnal Pendidikan, Sosial, Humaniora, Dan Kesehatan, 1(November).
Yesie Aprillia. (2017). Bebas takut hamil dan melahirkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Holistics and Health Sciences (JHHS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.