PERSPEKTIF SISWA SMP ISLAM UNGARAN PADA KAMPUS MENGAJAR 4 : HAMBATAN DAN TANTANGAN
PERSPECTIVE OF SMP ISLAM UNGARAN STUDENTS ON KAMPUS MENGAJAR 4: OBSTACLES AND CHALLENGES
Keywords:
kampus mengajar, perspektif, tantangan, hambatanAbstract
Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui perspektif siswa terhadap hambatan dan tantangan selama kegiatan Kampus Mengajar di SMP Islam Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebar secara online menggunakan teknik random sampling dengan 47 siswa sebagai responden. Instrumen penelitian telah divalidasi oleh ahli pendidikan yaitu guru pendidikan jasmani dan kesehatan serta dosen dibidang pendidikan olahraga. Sampel telah menyetujui untuk mengikuti penelitian dari awal hingga akhir. Berdasarkan hasil kuesioner didapatkan bahwa rata-rata penilaian dari aspek motivasi belajar siswa, media belajar, literasi, dan numerasi masuk dalam kategori Sangat Setuju dalam materi yang diberikan pada Kampus Mengajar. Namun pada aspek numerasi terdapat 2% lainnya merasa tidak setuju. Melihat dari hasil tersebut diketahui bahwa masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal numerasi, terutama pada soal dalam bentuk cerita. Oleh karena itu diperlukannya bimbingan khusus terhadap siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal numerasi dalam bentuk cerita. Untuk memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik, siswa harus memiliki penalaran matematika yang baik agar bisa diterapkan untuk pemecahan masalah. Kemudian bimbingan atau arahan dan strategi belajar perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dari setiap siswa. Penelitian ini terbatas pada perspektif siswa di Kampus Mengajar berdasarkan tantangan dan hambatan selama pelaksanaan program. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk membahas evaluasi pelaksanaan kampus mengajar.
Downloads
References
Aeni, A. N. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SD DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v1i1.863
AISYI, I. R. (2020). GERAKAN LITERASI SEKOLAH: PELAKSANAAN, HAMBATAN DAN SOLUSI (STUDI DI SD GHUFRON FAQIH SURABAYA).
Bryant, D. P., Bryant, B. R., Roberts, G., Vaughn, S., Pfannenstiel, K. H., Porterfield, J., & Gersten, R. (2011). Early Numeracy Intervention Program for First-Grade Students with Mathematics Difficulties: Http://Dx.Doi.Org/10.1177/001440291107800101, 78(1), 7–23. https://doi.org/10.1177/001440291107800101
Fadhilaturrahmi. (2018). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 2).
Hidayati, V. R., Wardani, K. S. K., Anar, A. P., Hasnawati, H., & Maulyda, M. A. (2022). KENDALA PEMBELAJARAN NUMERASI DI MASA PANDEMI DAN TANTANGAN GURU DALAM MENGHADAPINYA. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3), 425–437. https://doi.org/10.22460/COLLASE.V5I3.10668
Hikmah, M. (2020). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR SISWA. Jurnal Teknodik, 27–38. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V0I2.376
Irawan, F. A., & Permana, D. F. W. (2020). Parent-Child Fun Games sebagai Upaya Meminimalisasi Smartphone Addiction pada Anak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia, 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i1.40
Irawan, F. A., & Prasetyo, F. E. (2019). Sport Infrastructure for Physical Education in Senior High School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, Vol.6(No.1), pp.66-70.
Islam, S., Al Faqih, M. I., & Syahraen, A. (2021). Perspektif Siswa tentang Proses Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris di MI Azzainiyah II. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, Vol.2(No.1), pp.6-14. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.1959
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.VOL4NO1.2019PP69-88
Meilia, T. A., & Erlangga, G. (2022). AKTUALISASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI RUANG KONTRIBUSI MAHASISWA TERHADAP PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(2), 120–128. https://doi.org/10.17509/MD.V17I2.42453
Mustain, I. (2015). KEMAMPUAN MEMBACA DAN INTERPRETASI GRAFIK DAN DATA: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS 8 SMPN. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2). https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v4i2.493
Noerbella, D. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/JCP.V8I2.2087
OECD. (2010). PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do: Student Performance in Reading, Mathematics and Science (Volume I). OECD Publishing, 1–7.
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhrufurrohmah, Z. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 141–153. https://doi.org/10.15642/JRPM.2021.6.2.141-153
Sadli, M., & Saadati, B. A. (2019). ANALISIS PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V6I2.4829
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol.6(No.3), pp.3514-3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667
Sudirman, S. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau dari Perbedaan Gender pada SMP Negeri 2 Tiworo Selatan. Seminar on Applied Quantitative Research.
Suganda M, V. A. (2014). ANALISIS KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). ALFABETA CV. https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-mpkk/
Sumarwati. (2013). Soal Cerita Dengan Bahasa Komunikatif Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(1), 114984. https://doi.org/10.17977/JIP.V19I1.3752
Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.