PERSPEKTIF SISWA SMP ISLAM UNGARAN PADA KAMPUS MENGAJAR 4 : HAMBATAN DAN TANTANGAN

PERSPECTIVE OF SMP ISLAM UNGARAN STUDENTS ON KAMPUS MENGAJAR 4: OBSTACLES AND CHALLENGES

Authors

  • Fajar Awang Irawan Universitas Negeri Semarang https://orcid.org/0000-0002-0508-267X
  • Zakiyatul Maghfiroh Universitas Negeri Semarang
  • Dhias Fajar Widya Permana Universitas Negeri Semarang
  • Khoiril Anam Universitas Negeri Semarang
  • Aziz Amrulloh Universitas Negeri Semarang
  • Dina Syarafina Ghassani Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kampus mengajar, perspektif, tantangan, hambatan

Abstract

Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui perspektif siswa terhadap hambatan dan tantangan selama kegiatan Kampus Mengajar di SMP Islam Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebar secara online menggunakan teknik random sampling dengan 47 siswa sebagai responden. Instrumen penelitian telah divalidasi oleh ahli pendidikan yaitu guru pendidikan jasmani dan kesehatan serta dosen dibidang pendidikan olahraga. Sampel telah menyetujui untuk mengikuti penelitian dari awal hingga akhir. Berdasarkan hasil kuesioner didapatkan bahwa rata-rata penilaian dari aspek motivasi belajar siswa, media belajar, literasi, dan numerasi masuk dalam kategori Sangat Setuju dalam materi yang diberikan pada Kampus Mengajar. Namun pada aspek numerasi terdapat 2% lainnya merasa tidak setuju. Melihat dari hasil tersebut diketahui bahwa masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal numerasi, terutama pada soal dalam bentuk cerita. Oleh karena itu diperlukannya bimbingan khusus terhadap siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal numerasi dalam bentuk cerita. Untuk memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik, siswa harus memiliki penalaran matematika yang baik agar bisa diterapkan untuk pemecahan masalah. Kemudian bimbingan atau arahan dan strategi belajar perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dari setiap siswa. Penelitian ini terbatas pada perspektif siswa di Kampus Mengajar berdasarkan tantangan dan hambatan selama pelaksanaan program. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk membahas evaluasi pelaksanaan kampus mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A. N. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SD DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v1i1.863

AISYI, I. R. (2020). GERAKAN LITERASI SEKOLAH: PELAKSANAAN, HAMBATAN DAN SOLUSI (STUDI DI SD GHUFRON FAQIH SURABAYA).

Bryant, D. P., Bryant, B. R., Roberts, G., Vaughn, S., Pfannenstiel, K. H., Porterfield, J., & Gersten, R. (2011). Early Numeracy Intervention Program for First-Grade Students with Mathematics Difficulties: Http://Dx.Doi.Org/10.1177/001440291107800101, 78(1), 7–23. https://doi.org/10.1177/001440291107800101

Fadhilaturrahmi. (2018). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 2).

Hidayati, V. R., Wardani, K. S. K., Anar, A. P., Hasnawati, H., & Maulyda, M. A. (2022). KENDALA PEMBELAJARAN NUMERASI DI MASA PANDEMI DAN TANTANGAN GURU DALAM MENGHADAPINYA. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3), 425–437. https://doi.org/10.22460/COLLASE.V5I3.10668

Hikmah, M. (2020). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR SISWA. Jurnal Teknodik, 27–38. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V0I2.376

Irawan, F. A., & Permana, D. F. W. (2020). Parent-Child Fun Games sebagai Upaya Meminimalisasi Smartphone Addiction pada Anak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia, 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i1.40

Irawan, F. A., & Prasetyo, F. E. (2019). Sport Infrastructure for Physical Education in Senior High School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, Vol.6(No.1), pp.66-70.

Islam, S., Al Faqih, M. I., & Syahraen, A. (2021). Perspektif Siswa tentang Proses Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris di MI Azzainiyah II. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, Vol.2(No.1), pp.6-14. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.1959

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.VOL4NO1.2019PP69-88

Meilia, T. A., & Erlangga, G. (2022). AKTUALISASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI RUANG KONTRIBUSI MAHASISWA TERHADAP PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(2), 120–128. https://doi.org/10.17509/MD.V17I2.42453

Mustain, I. (2015). KEMAMPUAN MEMBACA DAN INTERPRETASI GRAFIK DAN DATA: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS 8 SMPN. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2). https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v4i2.493

Noerbella, D. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/JCP.V8I2.2087

OECD. (2010). PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do: Student Performance in Reading, Mathematics and Science (Volume I). OECD Publishing, 1–7.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhrufurrohmah, Z. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 141–153. https://doi.org/10.15642/JRPM.2021.6.2.141-153

Sadli, M., & Saadati, B. A. (2019). ANALISIS PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V6I2.4829

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol.6(No.3), pp.3514-3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667

Sudirman, S. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau dari Perbedaan Gender pada SMP Negeri 2 Tiworo Selatan. Seminar on Applied Quantitative Research.

Suganda M, V. A. (2014). ANALISIS KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). ALFABETA CV. https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-mpkk/

Sumarwati. (2013). Soal Cerita Dengan Bahasa Komunikatif Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(1), 114984. https://doi.org/10.17977/JIP.V19I1.3752

Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Irawan, F. A., Maghfiroh, Z., Permana, D. F. W., Anam, K., Amrulloh, A., & Ghassani, D. S. (2024). PERSPEKTIF SISWA SMP ISLAM UNGARAN PADA KAMPUS MENGAJAR 4 : HAMBATAN DAN TANTANGAN: PERSPECTIVE OF SMP ISLAM UNGARAN STUDENTS ON KAMPUS MENGAJAR 4: OBSTACLES AND CHALLENGES. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia (Indonesian Journal of Independent Community Empowerment), 4(1). Retrieved from https://e-abdimas.unw.ac.id/index.php/jpmmi/article/view/422

Most read articles by the same author(s)