IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG MENGGUNAKAN MULTIPLE INTELLIGENCES
IMPLEMENTATION TRADITIONAL EGRANG GAME USING MULTIPLE INTELLIGENCES
DOI:
https://doi.org/10.35473/jpmmi.v7i2.475Keywords:
Permainan Tradisional, Egrang, Multiple IntelligencesAbstract
Permainan tradisional merupakan permainan yang telah dimainkan oleh anak-anak yang bersumber dari suatu daerah secara tradisi turun temurun. Permainan tradisional mempunyai manfaat yang baik bagi tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun mental. Sebagai contoh permainan egrang, dimana permainan ini dimainkan dengan menggunakan dua batang bambu yang dipegang dan dipijak menggunakan kaki kemudian digerakkan berjalan layaknya berjalan menggunakan kaki yang panjang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui implementasi permainan egrang menggunakan multiple intelligences. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pemberian materi terkait literasi permainan egrang berkenaan dengan sejarah permainan tradisional, peraturan permainan egrang dan praktik permainan egrang. Hasil kegiatan didapatkan sejumlah 49 anak (93%) memiliki kinestetik yang baik, 47 (90%) anak memiliki interpersonal yang baik, dan 44 anak (85%) bersikap naturalis dalam memainkan permainan tradisional egrang di lapangan. kegiatan ini menemukan bahwa multiple intelligences memiliki peran penting dalam penerapan permainan tradisional. Kecerdasan kinestetik, interpersonal, dan naturalistik dalam implementasi permainan tradisional menjadi bagian mendasar dari beberapa bagian konsep multiple intelligences dari Howard Gardner dalam pengembangan kecerdasan anak. Dalam konsep multiple intelligences percaya bahwa semua anak pintar, sebab setiap anak pasti memiliki minimal satu kecerdasan yang bisa diasah.
Downloads
References
Anas Mukhtar, & Gatut Rubiono. (2022). Analisis Keseimbangan Statis Permainan Egrang Bambu. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, vol.3(no.3), pp.265-270. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.308
Bakhtiar, A. M. (2018). Permainan Tradisional Egrang Untuk Melatih Keterampilan Kinestetik dan Sosial Anak. Jurnal JTIEE, vol.2(no.2), pp.76-84. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6255
Damayanti, S. N., Tiaraningrum, F. H., Nurefendi, J., & Lestari, E. Y. (2023). Pengenalan Permainan Tradisional untuk Melestarikan Budaya Indonesia. Jurnal Bina Desa, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.15294/jbd.v5i1.41045
Irawan, F. A., Junaidi, S., Permana, D. F. W., Aditya, L., & Prastiwi, T. A. S. (2023a). Implementasi Permainan Tradisional Plintengan dalam Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, Vol.4(No.1), pp.40-47. https://doi.org/10.46838/spr.v4i1.292
Irawan, F. A., Junaidi, S., Permana, D. F. W., Aditya, L., & Prastiwi, T. A. S. (2023b). Implementasi Permainan Tradisional Plintengan dalam Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, Vol.4(No.1), pp.40-47. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.46838/spr.v4i1.292
Irawan, F. A., & Permana, D. F. W. (2020). Parent-Child Fun Games sebagai Upaya Meminimalisasi Smartphone Addiction pada Anak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia, 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/jpmmi.v1i1.40
Irawan, F. A., & Permana, D. F. W. (2021). Permainan Hadang Sebagai Media KPOTI dalam Peningkatan Aktivitas Fisik Melalui Lestari Budayaku Bugar Bangsaku. Journal of Sport Education (JOPE), Vol.3(No.2), pp.63-74. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.5.1.1-10
Irawan, F. A., Permana, D. F. W., Hidayah, T., Putri, W. K., Huang, W. C., Prastiwi, T. A. S., Rahesti, N., Ghassani, D. S., & Suciati, N. (2023). The Implementation of Traditional Games in NTUNHS Taiwan sit-In Students in Indonesia. Journal Of Sport Education ( JOPE ), vol.6(no.1), pp.39-48. https://doi.org/DOI:http://dx.doi.org/10.31258/jope.6.1.39-48
Irawan, F. A., Setiawati, A. S., Permana, D. F. W., Aditya, L., Rahesti, N., & Ghassani, D. S. (2024). Slingshot Accuracy in Traditional Games: What is The Ideal Grip in Shooting? Retos, vol.54, pp.554-560. https://doi.org/10.47197/retos.v54.102829
Irawan, F. A., Sutaryono, Permana, D. F. W., Billah, T. R., & Ma’dum, M. A. (2021). Hand, Eye, and Foot Coordination Test Untuk Mendeteksi Kemampuan Dasar Lokomotor. Journal of Sport Education, Vol.3(No.2), pp.63-74. https://doi.org/DOI:http://dx.doi.org/10.31258/jope.3.2. 85-92
Lunenburg, F. C., & Lunenburg, M. R. (2014). Applying Multiple Intelligences in the Classroom: A Fresh Look at Teaching Writing. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCHOLARLY ACADEMIC INTELLECTUAL DIVERSITY, vol.16(no.1), pp.1-15. http://www.nationalforum.com/Electronic Journal Volumes/Lunenburg, Fred C Applying Multiple Intelligences IJSAID V16 N1 2014.pdf
Petege, I., Irawan, F. A., & Iyai, M. (2023). Revitalisasi Permainan Tujuh Sebagai Permainan Asli Kabupaten Nabire Papua. Journal of Sport Coaching and Physical Education, Vol.8(No.1), pp.73-81. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jscpe.v8i1.72130
Phillips, H. (2010). Multiple Intelligences: Theory and Application. Perspectives In Learning, vol.11(no.1), pp.4-11.
Rahesti, N., Irawan, F. A., & Long-Ren, C. (2024). Biomechanical Analysis of Slingshot Grip dan Pull in Traditional Game. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 9(1), 18–27. https://doi.org/10.26740/jossae.v9n1.p18-27
Subagyo, D. P., & Irawan, F. A. (2022). Revitalisasi Permainan Serok Mancung Asli Kabupaten Semarang Revitalizing the original game of Semarang Regency Serok Mancung. Sriwijaya Journal of Sport Volume, Vol.1(No.3), pp.118-129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.55379/sjs.v1i3.415
Yildiz, M., Öntürk, Y., & Efek, E. (2020). The Investigation of Multiple Intelligence Modalities of University Students Receiving Sports Education. Asian Journal of Education and Training, vol.6(no.2), pp.246-255. https://doi.org/10.20448/journal.522.2020.62.246.255